Jemaah Riau Kembali Ikuti Manasik Jelang Puncak Haji

KBRN, Pekanaru :  Para Jamaah Haji (JH) Riau yang sudah berada di Makkah saat ini kembali melaksanakan manasik haji. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai persiapan menghadapi puncak haji dan Armuzna.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau Mahyudin mengatakan, manasik haji diikuti tiga rombongan setiap harinya secara bergilir.

Kegiatan ini dipandu langsung oleh pembimbing ibadah Dr HM Fakhri, MA, Ketua Kloter Fahmi Wahyudi, dokter dan paramedis serta PHD yang ada.

"Manasik haji dilakukan dalam rangka pemantapan persiapan pelaksanaan puncak ibadah haji, dengan dilakukannya manasik ini jamaah bisa mandiri dalam melaksanakan ibadahnya. Walaupun mandiri jamaah tetap berada dalam pengawasn ketua regu, ketua rombongan dan ketua Kloter," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Mahyudin juga memberikan apresiasinya kepada petugas yang peduli dengan jamaahnya. Baik jamaah yang bermasalah dengan kesehatan, maupun memberikan pemahaman ulang terhadap ilmu manasik haji yang telah didapat jamaah selama di tanah air.

"Saya selalu memantau aktifitas jamaah haji Riau dari laporan yang disampaikan oleh petugas yang ada di kloter, saya memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan petugas, atas usaha yang dilakukan petugas dalam membimbing jamaahnya," ujarnya.

"Baik dari segi kesehatan jamaah maupun dari segi pemahaman ilmu manasik, terlebih masih dalam kondisi pandemi ini. Saya berharap mudah -mudahan seluruh petugas dapat berkoordinasi dengan jamaahnya secara baik," sambungnya.

Dilaporkan Mahyudin, bahwa akibat cuaca ekstrim dan memiliki penyakit bawaan membuat jamaah haji Riau ada yang di rujuk ke klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

Jamaah tersebut atas nama Kasni asal Kecamatan Tapung, Kampar dan tergabung pada Kloter 5 BTH.

"Setelah dirawat sejak 23 Juni 2022 akhirnya dirujuk ke rumah sakit," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar