Mantapkan Persiapan Armuzna, Jamaah Riau Ikuti Manasik Haji

KBRN, Pekanbaru : Menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji, beberapa kelompok terbang (Kloter) berasal dari Riau memberikan perhatian khusus untuk Jamaah hajinya terkait dengan manasik dan bimbingan ibadah. Melalui petugas bimbingan ibadah dan konsultan ibadah melakukan program pemantapan manasik setiap hari, di tempat akomodasi atau hotel jemaah.

"Kami kloter 7 BTH sudah memulai giat manasik haji dari 1 juli, khusus hari inj dimulai pukul 08.00 WAS hari ini,  manasik hari ini diperuntukkan untuk rombongan 3 dan 4 di hotel 210 Rawabi Mena" tutur Yusran Harianto Ketua kloter 7 BTH.

Begitu juga dengan jamaah Kloter 4 BTH asal Prov. Riau mendapatkan bimbingan manasik haji dari Pembimbing Ibadah di Sektor 2 Mekkah.

" Jumat 1 Juli 2022 jam 09.15. jamaah Kloter 4 Nusantara  BTH mendapat bimbingan manasik haji dari pihak pembimbing ibadah sektor 2 mekkah." ujarnya.

Sedangkan jamaah haji yang tergabung pada Kloter 6 BTH telah melaksanakan Manasik Haji ke tiga kalimya, manasik hari ini diperuntukkan bagi 3 Rombongan.

" Alhamdulillah Keadaan jamaah secara umum sehat dan aman., Kegiatan Hari ini Sabtu, 02 Juli 2022, Manasik Haji Hari Ketiga untuk Rombongan 7, 8 dan 9 pada Kloter 6 BTH. Hal ini dalam rangka persiapan menghadapi Armuzna,  Manasik ini disampaikan oleh Pembimbing ibadah DR. H. M. Fakhri, MA yang diikutil juga oleh PHD. Tutur Ketua Kloter Fahmi Wahyudi.

Layanan ini untuk mengingatkan, mereview, dan memastikan jemaah telah paham rukun, wajib dan hal-hal lainnya yang diatur dalam ketentuan manasik.

Oleh karena itu Kloter 8 BTH mewajibkan seluruh jamaah nya mengikuti manasik haji. Kegiatan tersebut sebagaimana kloter lainnya dilaksanakan selama 3 hari yang dibagi kedalam 3 dan 4 Kloter per hariya.

"Assalamu'alaikum' Berikut kami sampaikan Jadwal Manasik Persiapan Ibadah ARMUZNA Kloter 8 BTH: Pertama, KAMIS/ 30.6.2022 Pukul 14.00 - 15.30 WAS untuk Rombongan 1, 2 dan 3, Kedua SABTU/ 02.7.2022 Pukul 14.00 - 15.30 untuk rombongan 4,5 dan 6, dan ketiga AHAD/ 03. 7.2022 Pukul  09.00 s / 10.30  untuk rombongan 7 dan 8, 9, 10. Kepada jamaah haji Kloter BTH 8 agar mengikuti kegiatan ini sesuai jadwal. Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan kepada kita untuk dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dan memperoleh haji mabrur". Tutur Sarpeli, Pembimbing Ibadah Kloter 8 BTH.

Sebagai Wakil Ketua I PPiH Embarkasi Haji Antara Riau,  Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Riau Dr. H. Mahyudin, MA mengingatkan kepada pembimbing Ibadah agar dalam memberikan materi rukun haji dapat membuat jamaah beribadah mandiri.

"Pembimbing ibadah perlu menyampaikan materi Manasik Haji dengan mengedepankan Rukun haji sehingga jamaah dapat beribadah dengan mandiri tetapi tetap dilakukan pemantauan, pada manasik ini juga perlu disampaikan ruhshah-ruhshah (keringanan hukum) dalam ibadah haji.khususnya bagi jamaah dalam kondisi lemah dan sakit, mereka tidak terhalang untuk tetap melaksanakan haji sesuai dengan syari’at dan hakikat, sehingga ibadah haji mereka sah, sempurna, dan mabrur". jelasnya.

Selain melaksanakan manasik haji, jamaah haji Riau juga masih ada yang melaksanakan penyembelihan Dam sebagai konsekwensi pengambilan haji tamattu'.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar