Cuaca Panas, Saudi Rilis Jadwal Baru Lempar Jumrah

KBRN, Pekanbaru : Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi melakukan perubahan jadwal pelasakanaan lempar jumrah. Langkah ini diambil karena kondisi cuaca di Arab Saudi yang sangat panas.  

Jadwal baru lempar jumrah dari Kementerian Arab Saudi ini disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arsyad Hidayat saat ditemui Tim Media Center Haji (MCH) usai saat memimpin raamt persiapan Armuzna di Kantor Urusan Haji Indonesia, di Jeddah, Rabu (29/6/2022). Tahun ini, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menetapkan jadwal lempar jumrah Aqabah pada 10 Zulhijjah dilakukan sejak dini hari sampai pukul 04.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

Di luar jam itu, lempar jumrah Aqabah akan dilakukan mulai pukul 16.00 WAS atau selepas waktu Asar sampai pukul 21.00 WAS.

"Pemilihan waktu juga melihat kondisi dari cuaca yang sangat panas, akan lebih baik dan maslahat jika dilakukan di waktu yang saya sampaikan tadi," tutur Arsyad Hidayat di Jeddah, Rabu (29/6/2022).

Penyesuaian juga dilakukan pada saat jemaah melakukan lempar jumrah di Hari Tasyrik. Sebanyak 50 persen jemaah Indonesia akan melontar jumrah dari tengah malam hingga pukul 06.00 WAS. Sisanya akan melempar jumrah mulai pukul 17.00 WAS hingga 22.00 WAS.

"Termasuk jumrah pada Hari Tasyrik, ini dilakukan sama. Sebanyak 50 persen dari tengah malam sampai 06.00 dan 50 persen sisanya akan dilakukan mulai pukul 17.00 sampai 22.00," kata Arsyad.

Berdasarkan data dari Kantor Urusan Haji per 28 Juni 2022 malam, sebanyak 78.839 jemaah haji reguler sudah tiba di Arab Saudi. Mereka merupakan akumlasi dari jemaah yang mendarat di Madinah maupun di Jeddah.

Sementara, sebanyak 45.537 jemaah yang berangkat pada gelombang pertama dan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, semuanya sudah berada di Makkah. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar