Jemaah Haji Kuansing Sudah Melaksanakan Haji Tamatuk

KBRN, Pekanbaru : Para Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kuantan Singingi yang tergabung dalam kloter 8 BTH pada hari Senin tanggal 27 Juni 2022 sudah melakukan rangkaian haji pembayaran Haji Tamatuk..

"Ada dua kegiatan yang diselenggarakan hari ini," ucap Pembimbing Ibadah (TPIHI) Kloter 8 BTH Sarpeli kepada media melalui rekaman audio aplikasi WhatsApp pribadinya.

Menurut Sarpeli ada dua kegiatan yang dilaksanakan JCH Kuansing, pertama melaksanakan penyembelian hewan Kambing (domba ) hal ini dalam rangka pembayarana Haji Tamatuk, kedua berziarah ketempat - tempat bersejarah seperti melihat dari dekat Gua Tsur yakni dimana dulu Rasul bersama Abu Bakar Siddiq berbsembunyi Ketika di kejar oleh kaum Quraisy.

Kemudian kata Sarpeli JCH dari Ģua Tsur dilanjutkan keatas yaitu tempat dimana nanti JCH melaksanakan wukuf di Arafah, kemudian disamping itu juga melihat Jabal Rahmah, dulu Jabal rahma ini bisa dinaiki oleh para JCH namun saat ini tidak dapat dilaksanakan, karena lagi dilakukan renovasi

Selanjutnya menuju ke Minah, dimana ini dapat disaksikan pertamaJabal Qurban yaitu tempat dulu nabi Ibrahim menyembeli anaknya Ismail.

Kemudian juga papar Sarpeli, dapat menyaksikan Jamarot yaitu tempat nanti dilakukan pelontaran Jumroh oleh para Jamaah ini tanggal 10,11, 12 dan 13 Zulhijjah. Selanjutnya Jemaah haji Kabupaten Kuantan Singingi melanjutkan perjalanan melewati Jabal Nur dalam hal ini juga jamaah Haji tidak dapat naiak keatas bukit, karena waktu yang singkat cuaca yang juga tengah hari dalam keadaan panas.

Namun dapat disaksikan para Jemaah Sebagian Jemaah lain tetap melakukan mendaki keatas Jabar Nur, dimana bisa kelihatan dari jauh berpakaian putih naik ke atas bukit Jabal Nur yaitu tempat dulu Nabi Muhammad SWT menerima wahyu pertama Surat Al – Alaq ayat 1-5, papar Sarpeli

."Selanjutnya dapat juga kami laporkan cuaca saat ini tengah hari berkisar 33-36 derajat Celsius dan untuk kegiatan rutin Jemaah melaksanakan sholat fardhu kemesjid Harom

Sementara untuk kegiatan Armuzna yaitu kegiatan Arafah, Muzdalifah dan Minah masih ada dua pekan lagi, :jadi belum ada persiapan apa -apa untuk kegiatan di Arafah, Musdalifah, dan Mina”, kata Sarpeli. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar