2.299 Jamaah Riau sudah di Arab Saudi, 15 Orang Bergabung Kloter 12 BTH

KBRN, Pekanbaru : Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau hingga Jumat (24/6/2022) telah memberangkatkan jama’ah haji sebanyak 2.299 orang Jemaah haji tergabung ke dalam 5 Kloter penuh dan 1 Kloter gabungan yang berasal dari 12 Kab/ Kota di Provinsi Riau.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau yang juga Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Antara Prov. Riau Dr. H. Mahyudin, MA.

Dia menjelaskan hingga pemberangkatan jemaah haji pada Kloter 9 BTH/ Kloter 6 EHA proses pemberangkatan berlangsung lancar dan tertib. Berdasarkan evaluasi sementara semua panitia bekerja dengan baik melayani jemaah sehingga tidak ditemu kendala yang berarti selama pelaksanaan asrama EHA Riau.

“Alhamdulillah pelaksanaan pemberangkatan jamaah haji dari Embarkasi Haji Antara RIau sudah berlangsung dengan lancar dan baik berkat kerja sama dengan pemerintah daerah, dinas kesehatan, imigrasi, penerbangan, dinas perhubungan dan pihak terkait lainnya yang mendukung proses keberangkatan jamaah haji menuju tanah suci untuk menjalani Ibadah haji. Jamaah haji sudah diberangkatkan dengan 5 Kloter penuh dan 1 Kloter gabungan dengan jumlah jamaah 2.299 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut Mahyudin mengatakan masih terdapat 15 jamaah haji Riau belum diberangkatkan karena bergabung pada kloter 12 BTH/7 EHA. Jamaah ini akan bersama dengan jamaah Jambi yang berjumah 421 orang.

“Untuk sementara EHA Riau istirahat karena tidak ada jadwal penerimaan maupun keberangkatan jamaah, PPIH Riau akan kembali menerima jamaah Minggu (26/6/2022) untuk diberangkatkan keesok harinya. Jamah tersebut berasal dari Kota Pekanbaru berjumlah 12 Orang dan 2 Orang berasal Indragiri Hilir serta 1 Orang Petugas Haji Daerah”. jelasnya.

Hingga kloter 9 BTH terdapat 5 jamaah haji Riau yang tunda / batal berangkat diantaranya, Nurmainis Jamaran Abdullah (61 tahun) karena  Sakit berasal dari  Pekanbaru, Sulaiman Abdul Razak Bagung (63 tahun) karena Sakit berasal dari Pekanbaru, Moehamad Iksan Ahmad Rasam (55 tahun) karena  Sakit berasal dari Rokan Hilir, Sawi Utami Ramin (54 tahun) merupakan Pendamping Moehamad Iksan Ahmad Rasam dan Fatimah Abdul Hamid (58 tahun) karena Wafat berasal dari Dumai.

Sementara itu aktifitas jamaah haji yang telah tiba di Arab Saudi, telah melaksanakan rangkaian ibadah umrah wajib, melaksanakan arbain dan ziarah ke tempat – tempat bersejarah yang ada di Kota Mekkah maupun Madinah.

“Jamaah haji yang tergabung dalam gelombang pertama seperti kloter 4 sedang dalam melaksanakan rangkaian ibadah arbain di Mesjid Nabawi, sedangkan yang bergabung dalam gelombang kedua seperti Kloter 5, 6, 7 dan 8 ada yang sudah melaksanakan Umrah wajib dan membayar Dam karena mengambil rangkaian Ibadah haji tamattu’ dan ada pula yang masih melaksanakan umrah wajib, untuk kloter 9 sedang dalam perjalanan di pesawat Saudi Arabian Airlines menuju Bandara Internasionak King Abdul Aziz Jeddah." tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar