Hak dan Kewajiban Jama'ah Haji

KBRN, Pekanbaru :  Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama  Kab. Kampar, H. Zulfaimar, S.Ag, M.Ab,  membuka  sekaligus memberikan Materi  Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kec. Kampar dan Rumbio Jaya  Tahun 1443 Hijriyah / 2022 Masehi, Rabu (25/5/2022), dihadapan 48 Jamaah Calon haji yang dilaksanaakan di Aula Kantor Urusan Agama Kec. Kampar

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Pelaksanaan Manasik Haji Tingkat Kabupaten dan Kecamatan se-Kab. Kampar  yang telah dimulai pada hari ini Rabu. 25 s/d 28 Mei 2022 untuk Tk. Kecamatan dan tanggal 30 dan 31 Mei Untuk Tk. Kabupaten.

Dalam paparanya, H. Faimar , menjelaskan agar calon jamaah haji memahami apa saja yang menjadi  hak dan kewajibannya. Materi yang disampaikan adalah tentang pembinaan, pelayanan dan perlindungan Jamaah Haji, yang meliputi : bimbingan manasik haji, akomodasi, konsumsi, transportasi, pelayanan kesehatan, administrasi, perlindungan dan asuransi.

"Ibadah haji ini dijamin dalam undang-undang dan menjadi merupakan tanggung jawab kami untuk memberikan bimbingan atau pembinaan secara baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Faimar.

Faimar, menambahkan pada hakekatnya manasik haji merupakan sebuah pelatihan tentang pelaksanaan ibadah haji secara menyeluruh yang wajib diikuti oleh calon jamaah haji itu sendiri. Kegiatan Manasik Haji bertujuan agar calon jamah haji memahami tentang pelaksanaan ibadah haji, perjalanan haji baik di tanah air maupun di Arab Saudi, kesehatan calon jemaah haji dan kemampuan mengamalkan itikad pada saat pelaksanaan ibadah haji. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar