Berhasil Tangani Karhutla, Mendagri Apresiasi Kerja Pemprov Riau dan Tim

Gubernur Riau Syamsuar

KBRN, Pekanbaru : Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mendapatkan apresiasi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terkait upaya dan gerak cepat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau.

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Mendagri dalam rapat koordinasi khusus (rakorsus) masalah antisipasi kebakaran hutan dan lahan periode puncak kemarau 2020 di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian LHK, Jakarta, Kamis (02/07/2020).

Diungkapkan Mendagri,  Pemprov Riau sejak awal telah mengambil kebijakan dengan menetapkan status siaga darurat karhutla mulai 11 Februari-31 Oktober 2020. 

"Yang mana penetapan status siaga darurat karhutla sejak dini ini membuat kita lebih waspada dan siaga, "katanya.

Disampaikan Pemprov Riau juga diketahui telah menetapkan Perda Nomor 1 tahun 2019 tentang Pedoman Teknis Penanggulangan Karhutla. Perda ini sendiri memiliki kekuatan hukum sehingga pelaku yang melanggar dapat dipidanakan.

Selain itu, Mendagri juga mengapresiasi sistem informasi berbasis aplikasi peringatan dini untuk mengetahui lokasi titik hotspot di lapangan, Aplikasi Lancang Kuning. 

"Ini bisa jadi contoh bagi provinsi lain yang juga mengalami hal yang sama, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengungkapkan bahwa pada tahun 2019, karhutla terbesar bergeser dari Riau ke Sumatera Selatan (Sumsel).

Ia meminta kepada semua pihak, terutama daerah-daerah yang rawan karhutla untuk selalu siaga terhadap karhutla. 

"Jangan sampai terbakar, karena kalau sudah terbakar, sulit untuk memadamkan, "tuturnya.

Di lain pihak, Kapolri menuturkan bahwa Aplikasi Lancang Kuning yang dimiliki Polda Riau bisa menjadi percontohan nasional.

Adapun dalam rakorsus tersebut, Gubernur Riau Syamsuar berkesempatan memaparkan soal pengendalian Karhutla di Provinsi Riau.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00