Waspada Cluster Baru Pasca Lebaran, Cegah Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Riau

Jubir_covid19_riau

KBRN, Pekanbaru : Sudah tiga hari terakhir tidak ada penambahan pasien positif covid-19 di Provinsi.

Meski tidak ada terjadi penambahan kasus positif covid-19, tetapi tetap harus waspada akan timbulnya cluster baru covid-19 pasca hari raya idul Fitri, akibat kepulangan masyarakat dari kampung halaman.

"Kita bersyukur tiga hari ini tidak ada penambahan pasien positif covid-19, tapi kita tetap harus waspada akan timbulnya cluster baru pasca lebaran, yakni kepulangan dari masyarakat kita yang mudik, "kata Juru bicara Covid-19 Provinsi Riau dr. Indra Yovi, Rabu (27/5/20).

Dijelaskan, sebagian besar pasien positif covid-19 di Riau tertular di luar daerah, sehingga dikhawatirkan dari kepulangan mereka dari luar kota akan menambah jumlah kasus positif covid-19.

"Kita tau kalau sebagian besar pasien positif berasal dari dua cluster besar yakni cluster kepulangan santri dari Jawa Timur dan cluster Jawa Barat, sehingga kita khawatir nantinya dengan adanya kepulangan warga dari luar kota akan menambah jumlah pasien positif covid-19 Riau, "jelasnya.

Ditambahkan, untuk mengantisipasi hal tersebut, maka pengawasan dan pemeriksaan yang ketat perlu dilakukan di check point yang ada di daerah perbatasan antara Provinsi Riau dengan Provinsi tetangga.

"Saat ini yang perlu dilakukan yakni pengawasan dan pemeriksaan yang ketat di daerah perbatasan, agar warga yang masuk ke Riau benar-benar diketahui kondisi kesehatannya, "tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00