Pemprov Riau Terus Berupaya Turunkan Luas Lahan Terbakar

Gubri Syamsuar saat rapat istimewa hdi jadi provinsi Riau ke 67 (dok.diskominfotik Riau)

KBRN, Pekanbaru - Gubernur Riau Syamsuar menjelaskank, angka luasan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau terus mengalami penurunan setiap tahunnya.

“Kasus Karhutla di Riau 2 tahun terakhir juga menunjukkan angka penurunan yang signifikan, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Syamsuar saat berpidato dalam paripurna HUT Riau ke-65, di kantor DPRD Provinsi Riau,Selasa (09/08/2022), dilansir dari media center Riau.

Dalam kesempatan itu, Syamsuar mengungkapkan data luasan Karhutla di Riau dalam kurun waktu 2 tahun belakangan. Pada tahun 2020 luas Karhutla di Riau mencapai 1.603,95 hektare.

Jumlah ini, kata dia, mengalami penurunan pada tahun 2021 yakni seluas 1.456,52 hektare (turun 9,19%). Sedangkan per Juli 2022 luas lahan terbakar di Riau 1.043 hektare.

Gubri Syamsuar menambahkan, turunnya luasan Karhutla di Riau menandakan bahwa berbagai upaya yang dilakukan pemerintah membuahkan hasil. Meski demikian, masih diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Penurunan ini tak terlepas dari peran semua pihak yang bersinergi untuk mencegah dan menanggulangi Karhutla di Provinsi Riau,” ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar