Cuaca Ekstrem, Kalaksa BPBD Imbau Warga Bersihkan Parit

KBRN, Pekanbaru : Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Candra mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar daerah rawan terdampak bencana. Hal ini menindaklanjuti informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca ekstrem yang melanda. "Guna mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi akibat cuaca ekstrem, kami mengimbau masyarakat membersihkan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. Cuaca ekstrem dapat memicu terjadinya bencana alam seperti angin kencang, petir, dan banjir," kata Zarman, Selasa (9/8/2022) dikutip dari pekanbaru.go.id.

Masyarakat yang tinggal di lokasi rawan bencana alam diimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak dari cuaca ekstrem. Hal ini guna mencegah risiko adanya korban jiwa maupun kerusakan materil yang cukup besar. "Kami mengimbau agar masyarakat tetap menjaga lingkungan sekitar, selalu cek informasi prakiraan cuaca terkini, lakukan penanam kembali untuk meregenerasi hutan yang gundul, dan laksanakan gotong royong pembersihan parit," ucap Zarman.

Kesadaran bersama dibutuhkan untuk menanggulangi bencana alam yang bisa saja terjadi akibat dampak dari cuaca ekstrem. Imbauan ini sesuai dengan Pencanangan Pekanbaru Bebas Sampah oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun pada 6 Juni 2022. "Mari bersama kita dukung pencanangan tersebut dengan memperhatikan lingkungan dengan semangat. Kita jaga alam, alam jaga kita," sebut Zarman.

Apabila terjadi bencana, maka masyarakat dapat melaporkan ke BPBD. Masyarakat bisa menghubungi Call Center BPBD Kota Pekanbaru di nomor 0811-76-51464.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar