FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Masyarakat Riau Diingatkan Waspada Puncak Musim Kemarau, Antisipasi Karhutla

Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal

KBRN, Pekanbaru - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edy Afrizal meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Terutama di Juli dan Agustus, karena Riau kembali masuk musim kemarau,” katanya, Minggu (03/07/2022), dikutip dari Media center.riau.go.id . 

Dijelaskan, meski upaya penanganan dan pengendalian Karhutla di Riau di tahun ini tergolong baik, kewaspadaan akan tetap ditingkatkan. Dan saat ini seluruh personel tim satgas tengah disiagakan.

Selain itu, sejumlah helikopter tetap akan melakukan aktivitas patroli sebagaimana mestinya, sehingga jika ada titik api yang muncul bisa segera diambil tindakan.

Untuk mengantisipasi bencana Karhutla, saat ini di Riau distandby-kan sebanyak 3 unit helikopter dan 1 pesawat. Helikopter dan pesawat ini digunakan untuk patroli dan kegiatan water bombing jika diperlukan.

“Semuanya dipakai untuk patroli dan bisa juga untuk water bombing. Jadi sekarang kita ada 3 heli dan 1 pesawat,” ujarnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar