Rencana Dirikan LLDikti Wilayah XVII Riau Kepri, Gubri Syamsuar Bertemu Menko PMK

Gubernur Riau Syamsuar melakukan pertemuan bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy (dok.media center Riau)

KBRN, Pekanbaru : Dalam rangka mewujudkan rencana persiapan pendirian Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah XVII Riau-Kepulauan Riau (Kepri), Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bertemu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Gubri menyampaikan usulan pendirian LLDikti XVII Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau sebagai pemekaran LLDikti wilayah X yang mencakup Sumatera Barat, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau.

Hal ini berdasarkan pertimbangan usulan pendirian LLDikti wilayah XVII atas dasar faktor geografis, sosial, ekonomi dan jumlah perguruan tinggi yang dilayani LLDikti wilayah X cukup luas.

"Cakupan LLDikti wilayah cukup luas. Untuk Provinsi Riau sendiri telah memiliki lebih dari 100 perguruan tinggi ditambah lagi dengan yang ada di Kepulauan Riau," ujarnya, Jumat (12/08/2022).

Dikatakannya, usulan pendirian juga bertujuan untuk meningkatkan efektivitas fungsi pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap perguruan tinggi terutama perguruan tinggi swasta. 

Diungkapkannya, sebagai bentuk komitmen pemprov, telah menyiapkan kantor sementara dan menyediakan tanah untuk pembangunan kantor.

Selanjutnya, pendirian LLDikti ini telah mendapatkan dukungan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) RI, dimana Mendikbud juga telah menyurati Menpan RB untuk menyetujui dan mengakomodasi pembentukan LLDikti dan mengajukan naskah akademik usulan pendirian LLDikti wilayah XVII.

Pada kesempatan tersebut, Gubri juga mengajukan almarhum Mahmud Marzuki sebagai Pahlawan Nasional dari Provinsi Riau.

"Jasa almarhum Mahmud Marzuki yang luar biasa dan semangat kepahlawanan dalam perjuangan melawan penjajah serta jiwa nasionalisme yang kuat," tuturnya.

Menurutnya, sudah ada hasil sidang dari  Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Riau yang menyimpulkan bahwa almarhum Mahmud Marzuki  memenuhi syarat dan telah ditetapkan sebagai calon pahlawan nasional Provinsi Riau.

Menanggapi hal tersebut, Menko PMK RI, Muhadjir Effendy meminta Gubri Syamsuar untuk menyiapkan dokumen - dokumen pendukung serta melakukan seminar nasional di Jakarta.

"Silahkan disiapkan dan dilengkapi dokumen pendukung setelah melakukan seminar nasional, usulan tersebut akan kita dipelajari, baru nanti disepakati bersama," ungkapnya.

Untuk diketahui, LLDikti merupakan lembaga layanan pendidikan tinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam melakukan pengelolaan terhadap penyelenggaraan mutu Perguruan Tinggi Swasta.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 34 Tahun 2020 tentang LLDIKTI, tugas LLDIKTI untuk melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar