100 Generasi Muda di Riau Ikuti Kemah Literasi Jaga Bahasa

KBRN, Pekanbaru : 100 peserta yang merupakan generasi muda di Provinsi Riau mengikuti Kemah Literasi Jaga Bahasa selama 4 hari, 4 - 7 Juli 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau, Jalan Pramuka, Rumbai Pesisir, Pekanbaru.Kegiatan itu diadakan oleh Balai Bahasa Provinsi Riau bertema "Bahasa Terbilang, Bangsa Gemilang". Dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Yusri.

Saat menyampaikan sambutan, Yusri mengatakan kegiatan tersebut merupakan penguatan jati diri, karena bahasa amat penting dikenali dan dipahami dengan baik.

"Sebagai pemersatu bagi NKRI adalah bahasa Indonesia, maka harus bahasa dengan Indonesia, maka bahasa patut kita tegakkan, kita syukuri dan kita jaga," ungkapnya.

Sementara itu, Toha Machsum selaku Kepaal Balai Bahasa Provinsi Riau menjelaskan bahwa Bahasa merupakan unsur universal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sosial.

"Maka Kantor Bahasa Provinsi Riau mengadakan kegiatan untuk menumbuhkan kembali kecintaan berbahasa dan sekaligus melestarikan bahasa yang ada saat ini," katanya.

Sebelumnya Ketua Panitia, Raja Saleh melaporkan bahwa peserta berasal dari berbagai unsur, yaitu Forum Taman Bacaan Masyarakat Riau, Ikatan Duta Bahasa Riau, Duta GenRe, Duta Lingkungan, dan siswa SMA/SMK sederajat, serta BEM dan pegawai Balai Bahasa.

"Alhamdulillah, semua peserta sudah hadir dan dalam keadaan sehat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatakan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kebahasaan, fokusnya penggunaan bahasa di ruang publik, nanti kami konsentrasikan ke bahasa di ruang publik," urainya.

Dikatakan, peserta dari kegiatan diharapkan mendapat pengalaman, sehingga dapat menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa dan sastra serta lahirnya rumusan membuat Perda tentang penggunaan bahasa di ruang publik atau di luar ruang. (TS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar