PPDB SMP Dimulai, Disdik dan Sekolah Buka Tempat Pengaduan

KBRN, Pekanbaru : Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, terhitung hari ini Rabu (29/6/2022) mulai membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sitem online untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri.

Sesuai jadwal, PPDB tahun ajaran 2022/2023 ini akan dilangsungkan hingga 5 Juli mendatang. Wali murid bisa mendaftarkan anaknya melalui link ppdbpekanbaru.id dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB setiap harinya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pekanbaru Muzailis menyebutkan, PPDB SMP tahun ini masih dibuka untuk 4 jalur di antaranya jalur zonasi atau tempatan, afirmasi, perpindahan orang tua dan jalur prestasi.

"Kalau yang terbanyak zonasi. Untuk SMP itu 65 persen. Sisanya untuk jalur afirmasi, perpindahan orang tua dan juga prestasi," ungkapnya dikutip dari pekanbaru.go.id.

Untuk persyaratan sendiri, disampaikan Muzailis masih sama dengan tahun sebelumnya seperti ijazah terakhir, identitas anak, formulir dan lain sebagainya.

"Nanti kalau sudah lulus kan adalagi penambahan-penambahan persyaratan. Yang penting sekarang kan ijazah anak dulu," ujarnya.

Selama proses PPDB berlangsung, lanjut dia, bagi orangtua yang mengalami kendala dalam penginputan data di link ppdbpekanbaru.id, mereka bisa langsung berkonsultasi ke sekolah tujuan.

"Jadi kalau ada orangtua merasa ragu dalam penginputan ataupun mendaftarkan anaknya, silahkan ke sekolah bersangkutan ataupun ke Dinas Pendidikan," ucapnya.

Karena, kata Muzailis, di Dinas Pendidikan juga ada disediakan tempat pengaduan.

"Di sekolah juga mereka menyediakan pelayanan bagi orang tua yang tidak bisa meng-upload ataupun ada kendala pendaftaran. Untuk itu, kita meminta orang tua agar lebih kreatif mencari tahu ke sekolah atau ke Disdik," pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar