Senat Unri Putuskan 3 Nama Calon Rektor Periode 2022-2026

KBRN, Pekanbaru : Senat Universitas Riau yang melaksanakan sidang terbuka dan tertutup, Senin (27/6/2022), memutuskan tiga nama calon Rektor periode 2022-2026 untuk dipilih pada tahap selanjutnya. Ketiganya merupakan peraih suara terbanyak dalam voting 52 anggota senat terhadap 5 bakal calon.

Ketiga nama yang terpilih dalam Rapat Senat yang digelar secara tertutup adalah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unri Prof Dr Sri Indarti yang meraih 24 suara, Wakil Rektor III Unri Prof Dr H Iwantono MPhil mendapat 14 suara, dan dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan Unri Ir H Deni Efizon MSc meraih 11 suara.

Sementara dua calon lainnya yakni Dekan Fakultas Teknik Unri Prof Dr Eng Azridjal Aziz ST MT hanya mendapat 2 suara dan Prof Dr Ir Thamrin MSc hanya mendapat 1 suara anggota senat.

Dr. Elfizar, selaku Ketua Panpilrek Unri dalam media sosial pelaksanaan senat yang disiarkan di kanal YouTube Unri menjelaskan, ketiganya akan dikirimkan ke Kemendikbud Ristek RI.

“Tiga peraih suara suara tertinggi atau terbanyak yaitu Prof. Dr. Sri Indarti dengan 24 suara, kedua Prof. Dr. Iwantono dengan 14 suara, ketiga Dr. Ir. Deni Efizon 11 suara, akan disampaikan panitia ke Kemendikbud Ristek RI,” jelasnya.

Selanjutnya ketiga nama calon rektor Unri yang terpilih tersebut akan dikirimkan ke Kemendikbud Ristek untuk dilakukan screening selama waktu yang tentukan oleh kementrian.

“Nanti ada proses di kementerian itu, tentang pengecekan, pendalaman rekam jejak, wawasan, nanti juga ada sesi wawancara yang dilakukan oleh pusat ke tiga orang calon,” tambahnya.

Apabila sudah ditetapkan nama calon yang lolos screening, tahap selanjutnya adalah pemilihan rektor sesuai jadwal yang sudah diajukan oleh Panpilrek yaitu 27 Juli 2022, atau tanggal lain sesuai keputusan dari Kemendikbud Ristek.

Setelah keputusan Kemendikbud Ristek keluar, akan dilaksanakan pemilihan kembali untuk mencari rektor terpilih Universitas Riau Periode 2022-2026.

Sebelumnya rapat tertutup, kelima bakal calon menyampaikan visi misi dan program kerja dalam Rapat Senat secara terbuka, yang dihadiri perwakilan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, dosen yang diwakili oleh dua orang anggota senat fakultas, tenaga kependidikan yang diwakili oleh Kepala Biro dan Kepala UPT dan terakhir mahasiswa yang diwakili oleh ketua BEM dan ketua BPM.

Rapat Senat Terbuka dipimpin oleh Prof. Dr. Adel Zamri, MS., DEA, lalu kelima bakal calon rektor menyampaikan visi misi dan program kerja bakal calon jika terpilih sebagai rektor Universitas Riau periode 2022-2026.

Penyampaian visi misi dan program kerja dilakukan sesuai urutan abjad. Pertama oleh Prof. Dr. Eng. Ir. Azridjal Aziz dengan tema “Akselerasi Menuju Universitas Riset Terdepan, Profesional, Adaptif dan Unggul melalui Tata Kelola Kelembagaan yang Melayani”

Kedua oleh Dr. Ir. Deni Elfrizon, M.SC dengan tema “Transformasi Universitas Riau Menjadi Universitas Riset Unggulan yang Bermartabat”.

Selanjutnya penyampaian oleh Prof. Dr. Irwantono, S.Si, M.Phil dengan tema “Membangun Reputasi dan Ekosistem Unggul UNRI yang Berdaya Saing di Kawasan Asia Tenggara melalui Transformasi, Inovasi dan Kolaborasi Semangat Kebangsaan.”

Setelahnya penyampaian oleh Prof. Dr. Hj. Sri Indarti, SE. M.Si dengan tema “Menjadikan Universitas Riau Perguruan Tinggi Negri Badan Hukum dan Go Internaional Tahun 2025.”

Lalu terakhir oleh Prof. Dr. Ir. Thamrin, M.SC dengan tema “Realisasi Universitas Riau Berbasis Digital (IT) / Realisasi Tata Kelola Universitas Yang Baik (Good University Governance)”

Secara garis besar, visi misi serta program kelima bakal calon rektor berisi tentang Perguruan Tinggi Berbadan Hukum, Kampus Merdeka, Good Governance University serta Universitas berbasis Teknologi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar