PCR dan PHR Didorong Berikan Pelatihan dan Sertifikasi Pengelasan Bawah Air

KBRN, Pekanbaru : Politeknik Caltex Riau (PCR) dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja Rokan didorong memberikan pendidikan vokasi yaitu pelatihan dan sertifikasi dalam bidang pengelasan bawah air (Underwater wet welding).

Dorongan datang dari Gubernur Riau, Syamsuar, saat menyampaikan sambutan pada kegiatan program PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan yang meluncurkan Program Sinergi dalam Upaya Melanjutkan Harapan Masyarakat Riau, atau disingkat Program SULUH Riau, Kamis (2/12/2021) di auditorium PCR.

Diceritakan, dirinya pernah mengunjungi sebuah pendidikan dan pelatihan pengelasan di bawah air atau laut di Kota Solo, Provinsi Riau. Sehingga hal itu harus dilakukan di Riau, karena potensi bidang pekerjaan pengelasan bawah air atau laut di Riau juga sangat banyak.

"Untuk bekerja pada bidang ini, mereka tidak hanya dilatih dalam pengelasan, tetapi juga dilatih untuk menyelam. Selama ini masih jarang yang bisa memberikan pelatihan ini, jadi saya mengajak agar PCR dan PHR memberikan pelatihan dan sertifikasi penyelaman di bawah air, sehingga membentuk orang-orang ahli dalam pengelasan bawah air," ungkapnya.

Diakui, tidak semua perusahaan yang mempekerjakan tukang las bawah air memiliki kualifikasi yang sama untuk pekerjaan berisiko tersebut. Namun wilayah Riau yang terdiri dari daratan dan lautan yang cukup luas, dipastikan memerlukan tenaga bidang pengelasan bawah air.

"Profesi sebagai tukang las bawah laut ini diberikan gaji yang cukup fantastis. Jadi mungkin bisa diberikan melalui PCR dan PHR ini," urainya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar