UPTD Kesehatan Puskesmas Cerenti Beri Penyuluhan Vaksinasi Covid-19 Ke Siswa

KBRN,Pekanbaru : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Puskesmas Cerenti berikan pemahaman pentingnya Vaksinasi kepada siswa dan siswi sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan Sederajat.

Dimana hal ini bertujuan supaya sasaran anak usia 12 tahun atau SD atau Sederajat dan usia 17 tahun tingkat SMA atau Sederajat tidak ragu lagi untuk divaksin. Karena banyak berita hoax seputar vaksin yang beredar membuat ketakutan dan rendahnya partisipasi untuk menerima dan mengikuti Vaksinasi Covid-19, kata Kepala UPTD Kesehatan Puskesmas Cerenti, Mona Syamelita SKM kepada Kontributor RRI disela kegiatan di SMAN 1 Cerenti, Senin (25/10/2021).

Menurut Mona, sebelumnya sudah dilaksanakan pemberian Vaksinasi untuk Pelajar sekolah di tingkat SD, SMP, SMA dan sederajat. Namun tingkat kesediaan siswa dan siswi terbilang rendah, masih diangkat 20% dan jauh dari target yang seharusnya.

"Kemaren sudah dilaksanakan bertepatan dengan HUT Kabupaten Kuantan Singingi, secara serentak seluruh kecamatan tanggal 8 dan 9 Oktober 2021 kemaren. Tapi sasaran masih rendah karena takut divaksin, dari 600 lebih siswa yang divaksin hanya 148 siswa sekitar 20%, target kita diatas 80% harus sudah divaksin agar pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan secara full," kata Mona Syamelita.

Dengan diberikan sosialisasi terkait pentingnya Vaksinasi Covid-19 ini, terhadap siswa dan siswi pelajar SD, SMP, SMA dan Sederajat, diharapkan agar antusias siswa untuk divaksin bisa meningkat dan sasaran yang sudah divaksin bisa mencapai 100% nantinya.

"Iya, untuk mendongkrak sasaran yang sudah divaksin, karena rata rata seluruh Puskesmas permasalahan nya itu hampir sama, dan pak Plt Kadis Kesehatan juga memberikan arahan untuk dilakukan edukasi seputar vaksin untuk meredam berita hoax," ujar Mona.

Selain dirinya, Mona Syamelita SKM mengatakan dalam sosialisasi atau penyuluhan terkait Vaksinasi Covid-19 ke sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Cerenti, juga ikut serta dr Marina Zulas yang merupakan dokter Puskesmas Cerenti serta beberapa staf UPTD Kesehatan Puskesmas lainnya.

"Alhamdulillah pihak sekolah welcome dengan kegiatan yang kami lakukan, karena dengan adanya kegiatan ini anak anak bisa memahami pentingnya vaksin dan bisa diskusi mengenai hoax yang ada," kata Mona.

"Tidak hanya itu, bahkan ada Kepala Sekolah yang minta agar penyuluhan ini kami lakukan segera di sekolahnya," terang Kepala UPTD Kesehatan Puskesmas Cerenti itu.(hn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00