Dosen FKIP Unilak Bantu Warga Olah Sampah Organik

Kegiatan Pengabdian masyarakat dosen FKIP UNILAK Pembuatan media maggot
Kegiatan Pengabdian masyarakat dosen FKIP UNILAK pembuatan media maggot

KBRN, Pekanbaru : Banyaknya sampah organik, seperti sayuran dan buah-buahan yang berasal dari rumah tangga maupun pedagang di pasar, kerap menimbulkan masalah.

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, Dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning (FKIP – UNILAK yakni Rahmat Ramadansur, M.Pd, Marta Dinata, M.Si, dan Rikizaputra, M.Pd melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan cara megolah sampah organik //

Ketua tim pengabdian masyarakat yang juga merupakan Dosen Pendidikan Biologi FKIP UNILAK Rahmat Ramadansur, M.Pd mengatakan pelatihan diberikan kepada warga RW 06 Kelurahan Padang Terubuk, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru. Pelatihan yang diberikan yakni berupa pembuatan media maggot (larva) yang menjadi tempat untuk menguraikan sampah organik.

“Kegiatan pengabdian ini kita lakukan untuk membantu masyarakat mengatasi persoalan sampah organik yang banyak terbuang. Pelatihan yang kita berikan yaitu berupa pembuatan media maggot (larva) yang dapat mengurai sampah organi, “katanya kepada RRI, Rabu (23/06/21).

Dijelaskan, dengan memanfaatkan maggot (larva) sebagai bahan pengurai dapat meminimalisir sampah organik yang terbuang.

“Tujuan kita dengan adanya maggot (larva) ini dapat meminimalisir sampah organik yang dibuat masyarakat, sehingga tidak lagi menimbulkan masalah terhadap lingkungan, “jelasnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat membantu masyarakat mengatasi masalah sampah yang ada dilingkungannya dengan cara membuat sendiri media maggot (larva) dan mengimplemtasikannya secara langsung.

“kita harap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat terbantu dan dapat membuat sendiri media maggot (larva) yang dapat membantu mengurai sampah rumah tangga yang ada, “harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00