Sulteng Waspada Potensi Hujan Sedang Hingga Lebat di Sejumlah Wilayah

KBRN, Palu : Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, hampir semua daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng) berstatus waspada hujan lebat yang dapat memicu bencana banjir dan tanah longsor.

“Wilayah-wilayah di Sulawesi Tengah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat diantaranya Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, Poso, Morowali dan Morowali Utara,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Sis Al-Jufri Palu Moh. Fathan yang dihubungi di Palu, Senin (23/5/2022).

Menurutnya, dampak ditimbulkan dari hujan lebat dapat membuat volume air sungai meningkat, serta menimbulkan guguran bebatuan atau erosi tanah pada tebing sehingga berpotensi memicu longsoran pada lerengan.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau, warga perlu berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, memperbarui informasi cuaca disiarkan media massa, media sosial maupun melalui pemerintah.

“Informasi cuaca penting dijadikan pegangan saat melakukan perjalanan jauh, apalagi melawati jalur-jalur rawan longsor, dan ini sangat membantu masyarakat,” ujar Fathan.

Dia juga mengingatkan, jika tidak ada hal mendesak sebaiknya bertahan di rumah, begitu pun Pemerintah Daerah (Pemda) dan pemangku kepentingan selalu membangun koordinasi.

“Kami setiap hari memperbarui informasi cuaca dan didistribusikan kepada pemda, maupun pihak-pihak terkait kebencanaan, ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi serta kesigapan dalam menghadapi situasi darurat,” tutur Fathan.

Dia mengemukakan, potensi hujan ringan, sedang hingga lebat dapat terjadi pagi, siang dan malam hari, sehingga warga tinggal di bantaran sungai maupun di sekitar lereng gunung tetap waspada serta tidak mengabaikan imbauan pemerintah.

Meski begitu, warga juga diminta tidak panik berlebihan menanggapi fenomena alam, karena situasi seperti ini tidak bisa dihindari.

“Guna menghindari genangan air, kebersihan lingkungan juga harus diperhatikan,”  tutup Fathan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar