Tradisi Mangore Tahunan Di Pamona Poso Perkokoh Kebersamaan

KBRN, Poso : Kehadiran Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang pada acara syukuran Mangore Tah di Jemaat Hermon Buyumpondoli, Kecamatan Pamona Puselemba diliputi susana yang penuh keakraban, Bupati Poso berbaur bersama dengan seluruh warga jemaat dan tamu undangan lainnya, Kamis, (28/4/2022).

Dalam sambutan Bupati Poso menyampaikan syukur kepada Tuhan kegiatan ini boleh terlaksana sebagai bentuk menjaga tradisi turun temurun dari para pendahulu kita yang menghormati akar budaya to Poso pada acara mangore tahun ini.

“ Pemerintah Daerah terus mengapresiasi pada kegiatan sosial dan keagamaan sebagai salah satu bentuk silahturahmi bersama masyarakat sampai ditingkat bawah, dalam artian kegiatan ini dapat menjadi sarana komunikasi efektif antara Pemerintah Daerah dengan warga masyarakat bahkan sebaliknya “. Ungkap Bupati Poso.

Ditengah perkembangan era globalisasi dan digitalisasi pelaksanaan mangore tahunan Desa Buyumpondoli harus tetap tetap dilestarikan.

“ Hal ini penting agar generasi saat ini atau yang kita kenal dengan generasi milenial tidak akan kehilangan jati diri budayanya yang sejak dahulu sampai sekarang masih menjadi alat perekat atau pemersatu, bahkan budaya dapat dijadikan sebagai kontrol  sosial dalam tatanan kehidupan bermasyarakat”. Tambah dr Verna Inkiriwang.

Juga kegiatan seperti ini menjadi momentum yang tepat untuk memperkokoh semangat kebersamaan dalam menumbuhkan tekad dan motivasi warga jemaat dalam meningkatkan kualitas keimanan jemaat yang tetap bersyukur dan mengandalkan Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan.

Hadir pada acara tersebut, Majelis Sinode GKST, Kepala OPD,  Majelis Klasis Pamona Utara, Unsur Tripika Kecamatan Pamona Utara. Bertempat di Jemaat Hermon Buyumpondoli, 27 April 2022

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar