Presentase Penduduk Miskin Sulteng Dua Digit Diatas Nasional

BPS Sulteng Lagi Memaparkan Kondisi Kemiskinan di Sulteng.jpg

KBRN, Palu : Pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Tengah  nampaknya harus bekerja keras khususnya dalam penurunan angka kemiskinan pasalnya pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak dibarengi dengan penurunan angka penduduk miskin. Koordinator Fungsi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Provinsi Sulawesi Tengah Rukhedi mengatakan, persentasi penduduk miskin di Sulawesi Tengah masih berada dua digit diatas rara-rata nasional, berdasarkan data BPS bulan September 2021, Sulawesi Tengah masuk 10 besar angka kemiskinan, hal ini berbanding terbalik dengan pertumbuhan ekonomi.

“Secara total persentase penduduk miskin di Sulawesi Tengah berada diatas rata-rata nasional, angka nasional sudah berada di bawah dua digit. Bahkan Sulawesi Tengah masuk 10 besar yang memiliki penduduk miskin,” kata Rukhedi, Kamis (18/8/2022)

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus berupaya mewujudkan pembangunan merata di segala bidang sesuai dengan visi dan misi yakni gerak cepat menuju Sulawesi Tengah maju dan sejahtera. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Tengah Cristina Sandra Tobondo mengatakan,/ terdapat sejumlah prioritas pembangunan yang menjadi fokus pemerintah daerah provinsi Sulawesi Tengah kedepan diantaranya, pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat.

“Untuk tahun 2023 terdapat inovasi daerah pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk pengentasan kemiskinan, melalui pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk menurunkan kemiskinan melalui penguatan ekonomi bagi rumah tangga miskin di 13 Kabupaten Sigi,” jelas Kepala Bappeda Sulawesi Tengah.

Guna mendukung tercapainya program pembangunan, Sulawesi Tengah juga mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat sebagai daerah strategis pengembangan kawasan pangan nasional. Karena itu dengan sejumlah program tersebut diharapkan dapat mempercepat menurunkan penduduk miskin di Sulawesi Tengah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar