Bupati Sigi Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi, Bahan Masukan Untuk Sigi

KBRN, Palu : Kamis 18 Agustus 2022  bertempat di Ruang Kerja Gubernur Sulawesi Tengah  Bupati Sigi Mohamad Irwan, S. Sos, M.Si didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi Berasama Gubernur Sulawesi Tengah, Kepala Perwakilan BI Sulawesi Tengah, Bupati Donggala dan Wakil Bupati Parigi Moutong , Pj. Sekda Provinsi , Kepala Inspektorat dan Kepala BPKAD Provinsi mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022 dan di rangkaikan dengan Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun  Emisi 2022.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, rupiah bukan sekedar mata uang, tetapi menggambarkan perjalanan dari bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Pada 30 Oktober 1946, Ori atau Oeang Republik Indonesia dilahirkan atau disahkan dan berlaku. Ini menandai babak baru Republik Indonesia yang saat itu baru saja merdeka.

“Di dalam setiap lembaran rupiah, terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia. Sebuah motif, spirit untuk di sisi satu adalah keberagaman, dan di sisi lain adalah kebersatuan. Ini adalah lambang dan sekaligus komitmen bagi kita semua “. Kata Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis, (18/8/2022).

Sementara Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan, peluncuran uang rupiah ini merupakan wujud nyata komitmen bersama untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat.

Peluncura Uang Rupiah Kertas Baru diluncurkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2022 tentang penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas NKRI.

Berikut daftar nama dan nominal uang yang akan digunakan untuk gambar pahlawan nasional tersebut:

1. Dr. (H.C) Ir Soekarno dan Dr. (H.C) Drs. Mohammad Hatta sebagai gambar utama uang kertas pecahan Rp100 ribu.

2. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp50 ribu.

3. Dr. G.S.S.J Ratulangi sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp20 ribu.

4. Frans Kaisiepo sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp10 ribu.

5. Dr. K.H Idham Chalid sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp5 ribu.

6. Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp2 ribu.

7. Tjut Meutia sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp1.000.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , Mengapresiasi Peresmian dan Peluncuran Uang Rupiah Kertas Baru .

Dengan harapan Semoga Kedepan Gambar yang termuat di Uang Rupiah Kertas Baru ada Gambar Ciri Khas Sulawesi Tengah , "Minta Tolong BI Perwakilan Sulawesi Tengah Perjuangkan "

Pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022 Presiden Republik Indonesia menyampaikan arahannya bahwa situasi yang dihadapi saat ini tidak mudah bahkan dunia menghadapi situasi yang sangat sulit. Dimulai dari pandemi covid-19 yang belum pulih kemudian muncul perang, muncul krisis pangan, muncul krisis energi, dan muncul krisis keuangan. Oleh sebab itu kita tidak boleh bekerja standar dan bekerja rutinitas karena keadaannya tidak normal. Beliau juga menghimbau para Menteri, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota tidak boleh bekerja secara rutinitas. Beliau ingin Bupati, Wali Kota, Gubernur betul-betul mau bekerja sama dengan tim TPID daerah dan Tim Pengendali Inflansi di pusat. Beliau juga sudah memerintahkan kepada Menteri Dalam Negeri untuk mengeluarkan surat keputusan yang menyatakan bahwa anggaran tidak terduga bisa digunakan untuk menyelesaiakan inflasi di daerah. Dalam sambutannya Beliau meyakini bahwa jika kerjasama yang Beliau telah sampaikan rampung maka masalah inflasi akan selesai. Dalam kesempatan ini Beliau terus mengingatkan agar bekerja secara makro, mikro dan detail. Pada akhir sambutan Beliau secara resmi membuka rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar