Disperindag Sulteng Dukung Peningkatan Kualitas Produk IKM

KBRN, Palu : Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi UPT. PSMB yan g dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah (Bapak Richard Arnaldo, SE., M.SA) didamping Kepala UPT. PSMB (Ibu Fitri Rosmala Dewi Mastura, S.Sos., MM), Rabu, (10/8/2022).

Turut hadir Pejabat Ess. III & IV lingkup Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah serta para Peserta Sosialisasi berasal dari IKM dan KADIN di Sulawesi Tengah.

Narasumber pada kegiatan ini yaitu Bapak H. Abubakar Almahdali, SE., M.Si dan Ibu Dra. Riati Yulia E. Awusi, Apt.,MPH dari Balai POM Palu.

Dalam sambutan Kepala Dinas dikatakan bahwa globalisasi perdagangan dunia yang terjadi saat ini memberikan dampak yang bersifat positif maupun negatif. Disatu sisi, globalisasi merupakan peluang sekaligus tantangan bagi perkembangan perdagangan di pasar dalam negeri maupun industri domestik. 

“ Dengan tumbuhnya persaingan usaha yang kian ketat menuntut pelaku usaha untuk selalu meningkatkan daya saingnya, baik dari segi kualitas produk maupun daya saing harga melalui efisiensi produksi. Positifnya, hal tersebut mengakibatkan banyaknya pilihan barang kebutuhan yang tersedia bagi konsumen dengan kualitas dan harga yang bersaing. Standardisasi sebagai salah satu pilar mutu merupakan instrument yang digunakan untuk meningkatkan daya saing produk nasional”. Ujar Richard Arnaldo.

Standardisasi melalui sertifikasi SNI menjadi salah satu kunci utama dalam meningkatkan mutu produk IKM lokal. Sertifikasi produk telah menjadi kebutuhan industri baik besar maupun kecil menengah.

“ Sertifikasi produk berfungsi untuk memperketat standar atas produk barang atau jasa yang ada di pasaran. Pemerintah Daerah dalam hal ini UPT. PSMB Dinas Perindag Prov. Sulteng berkontribusi memberikan layanan bagi masyarakat dalam hal sertifikasi produk bagi produk unggulan daerah. Saat ini UPT “. Tambahnya.

PSMB memiliki 3 jenis layanan, dua diantaranya telah terakreditasi, yaitu Laboratorium Pengujian (LP-534-IDN), dan yang terbaru Laboratorium Kalibrasi (LK-383-IDN). Serta 1 jenis layanan dalam proses akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional yaitu Jasa Layanan Sertifikasi Produk, khususnya produk bawang merah goreng.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar