Sektor UMKM Mulai Tumbuh Positif

Pengunjung di Billys Cafe

KBRN, Palu : Sektor UMKM secara bertahap menunjukkan pertumbuhan yang positif, walaupun belum dapat dikatakan normal secara keseluruhan. Saat ini jumlah UMKM  di Sulawesi Tengah mencapai 343 ribu 200 lebih tersebar di daerah Kabupaten Kota.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tengah Drs. Imran, MM kepada RRI menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan pendataan UMKM. Pendataan ini tidak hanya terbatas pada jumlah, tetapi juga menyangkut asset, omset dan serapan tenaga kerja. Sebab hal ini belum ada datanya secara rinci.

“itu yang belum kelihatan. Oleh karena itu terkait dengan kebijakan pemerntah dalam pendataan tunggal. Disamping melihat data secara valid Koperasi termasuk UMKM, tentunya juga terkait informasi profil UMKM, sehingga dalam format itu nanti sudah keluhatan informasinya, mulai dari pekaku UMKM, alamatnya by name by adress, kemudian asset omsetnya, jumlah tenaga kerjanya dan seterunys itu sudah kelihatan,” Jelas Imran, Senin (23/05/2022)

Sementara itu, Pengelolah UMKM  Billys Cafe Muhammad Nabil mengungkapkan bahwa semenjak covid 19 melandai di Kota Palu, omset penjualan yang dapat diperoleh setiap harinya mencapai 1 juta, jauh lebih baik jika dibandingkan selama masa pandemic,walaupun demikian masih belum dapat dikatakan normal secara keseluruhan.

“untuk saat ini sudah berlahan membaiklah, jika dibanding selama masa pandemi kemarin, walaupun belum normal keseluruhan, progresnya sekitaran 80 persenan dan semoga lebih baik lagi kedepannya,” ungkapnya. 

Sementara itu, untuk menunjang penjualan, pihak pengelola melakukan kerjasma dengan berbagai organisasi untuk mengadakan event di tempatnya, ataupun melakukan promosi melalui media social yang ada.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar