BPSDM Sulteng Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Akreditasi LAN

KBRN, Palu : Kepala BPSDM Sulawesi Tengah Dr. Drs. Adidjoyo Dauda sambut Tim Visitasi Akreditasi LAN RI di Kantor BPSDM Sulawesi Tengah dalam rangka menjamin mutu penyelenggaraan Pendidikan dan pelatihan di seluruh Lembaga Pelatihan Pemerintah, Lembaga Administrasi Negara (LAN) melakukan akreditasi kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (18/08/2022).

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura yang diwakili oleh Kepala BPSDM Dr. Drs. Adidjoyo Dauda, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah dalam kerangka peningkatan percepatan pembangunan dan kualitas pelayanan publik memiliki visi yang selaras untuk tercapainya karakter ASN Berakhlak dimana yang menjadi perhatian bagi Pemprov Sulteng adalah pengembangan SDM di Lingkup Pemerintah Daerah.

Untuk terwujudnya amanat pengembangan kompetensi bagi ASN sebagaimana tertuang dalam UU ASN No. 5 Tahun 2014 Pasal 69 tentunya diperlukan penyelenggaraan pelatihan daerah yang berkualitas, terstandarisasi dan professional agar memberikan hasil yang terbaik maka dalam hal ini BPSDM Prov. Sulteng adalah ujung tombak dalam pencapaian tujuan tersebut.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada Lembaga Administrasi Negara (LAN RI) untuk mengevaluasi kinerja BPSDM Prov. Sulteng sesuai dengan ketentuan akreditasi dalam Perlan Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Akreditas Pelatihan.

Total Quality Management (TQM) sebagaimana yang diharapkan Pemerintah Pusat dalam pelaksanaan akreditasi yang meliputi penilaian terhadap seluruh aspek pelatihan dari perencanaan, penyelenggaraan dan evaluasi pada semua komponen dari penyelenggara, pengelola, penjamin mutu, pengajar, peserta dan alumni termasuk sarana prasarana dan pembiayaan diharapkan dapat membawa BPSDM Sulawesi Tengah menuju Grade Akreditasi “A” pada semua program pelatihan.

“Ini sebagai Pembuktian kepada masyarakat bahwa BPSDM Sulawesi Tengah ini layak menjalankan praktik pelatihan pengembangan kompetensi yang berkualitas sesuai harapan masyarakat.” Sambung Adidjoyo Dauda.

Muhammad Aswad, salah satu asesor dari LAN Menyampaikan bahwa visitasi yang dilaksanakan LAN RI kepada BPSDM Prov. Sulteng merupakan salah satu rangkaian dari sekian proses akreditasi yang dimana tujuan utamanya untuk memastikan bahwa apakah informasi yang disampaikan melalui basis digital tersebut sudah sesuai dengan standar akreditasi LAN RI atau belum maka perlu adanya klarifikasi.

“Kita melihat ada beberapa data yang masuk ke dalam sistem yang telah dibuat yang menurut kami boleh jadi masih lebih bagus ketika kita melihat aslinya, sehingga dengan demikian setelah proses ini ada kesempatan bagi BPSDM Sulteng untuk melengkapi dan memastikan bahwa apa yang dibutuhkan itu memang ada.” Lanjut Muhammad Aswad.

Sebagai penutup Muhammad Aswad menyampaikan bahwa setelah proses visitasi, BPSDM diberikan kesempatan untuk melengkapi data dan dokumen yang dibutuhkan selama paling lambat 3 hari kerja setelah itu akan dilakukan evaluasi yang menjadi evaluasi final. Beliau juga berharap BPSDM Sulawesi Tengah dapat melengkapi data dan dokumen yang dibutuhkan sehingga dapat mencapai angka akreditas yang diharapkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar