Ipsi Touna Lakukan Pelatihan Fisik Dan Penguatan Mental Atlet Jelang Popda 2022

Pelatih_Silat.jpg

KBRN, Ampana : Pembinaan Fisik Dan Mental Para Atlet Pesilat Kabupaten Tojo Una-Una Jelang Pekan Olahraga Pelajar Daerah Se-Sulawesi Tengah Ditingkatkan. Pekan Olahraga Pelajar Daerah Popda Sulawesi Tengah tahun 2022 yang akan dilangsungkan di Kabupaten Morowali, adalah sebuah event olahraga pelajar yang diselenggarakan setiap tahunnya, sebagai wadah untuk mencari atlet muda dari kalangan pelajar yang berperstasi dalam bidang olahraga. Salah satu Atlet pesilat Fighter pada Clas B Putra Remaja asal Kabupaten Tojo una-una Mohamad Rafli D. Kasado Kepada RRI ,mengaku persiapan yang dilakukan saat ini adalah meningkatkan kemampuan melalui sesi latihan yang rutin setiap sore mulai dari pukul 15 nol nol waktu indonesia tengah sampai malam hari, dalam sepekan kegiatan latihan dilaksanakan mulai Senin sampai dengan Sabtu malam.

" Kalo saya sendiri Fighter pada Clas B Putra Remaja, saat ini persiapan yang saya lakukan itu saja latihan setiap sore dari jam 3 sampai malam, dan itu mulai senin sampai hari sabtu rutin," kata Mohamad Rafli D. Kasado (9/8/2022).

Menurut Mohamad Rafli D. Kasado selain meningkatkan kemampuan fisik dan mengasa mental, para atlet juga dianjurkan untuk beristrahat yang cukup mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan. Sementara itu Sekertaris Ikatan Pencak Silat  Indonesia Kabupaten Tojo Una-una sekaligus pelatih Aswadin Selasa (9/8/2022),menyebutkan porsi latihan para Atlet dilakukan berdasarkan program, dari hasil pengamatan setelah menaikan grafik latihan dalam beberapa pekan terakhir mengalami kemajuan baik Seni maupun Fighter.

" Alhamdulillah porsi latihan kami naikan, kalo untuk fisik Insya Allah bisa, sekarang kami pengurus maupun pelatih fokus lagi pada penguatan mental, karena ada pemula, sebab biasanya kalo saat latihan hebat giliran pertandingan down, nah ini yang kami lakukan penguatan," tutur Aswadin.

Melihat perkembangan pembinaan Fisik para Atlet dalam beberapa pekan terakhir tutur Sekertaris Ikatan Pencak Silat  Indonesia Kabupaten Tojo Una-una menurut  Aswadin, tidak diragukan lagi, sementara untuk pembinaan mental para atlet masih terus dilakukan, mengingat ada beberapa peserta yang tergolong baru mengikuti event ini sehingga masih membutuhkan pembinaan dan suport saat bertanding nanti.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar