Pentingnya Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha

img.jpg

KBRN, Ampana : Kemajuan teknologi pengolahan produk pangan berkembang pesat baik penggunaan bahan baku, bentuk dan rasa yang makin beragam. Konsumen juga semakin paham akan arti pentingnya keamanan produk makanan yang dikonsumsi, tidak hanya aspek higienis namun juga kepastian kehalalan. 

Sertifikasi halal menjadi bagian penting bagi pelaku usaha karena dapat digunakan untuk meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual. 

Kepala bidang Fasilitasi Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi tengah Irwansyah saat melakukan sosialisasi sertifikasi halal bagi pelaku usaha industry kecil dan menengah di Ampana Tojo Una-una , Selasa (5/7/22) mengatakan dasar hukum regulasi awal ketentuan jaminan produk halal diatur dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang digunakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal atau BPJPH. 

Mengingat pentingnya peran IKM, pemerintah terus mendorong pengembangan sector strategi tersebut agar semakin kompetitif salah satunya melalui program fasilitasi halal pada produk-produk IKM. 

" Kita harapkan para pelaku usaha IKM ini ada keinginan untuk melengkapi administrasi produknya dengan sertifikasi halal. Halal disini bukan hanya berkaitan dengan satu zat tertentu atau dari hewan tapi proses produksi, tempat yang higeinis ini juga menjadi syarat untuk suatu produk itu dikatakan Halal, " ujar Irwansyah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar