Pemda Touna Genjot Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional

img.jpg

KBRN, Ampana :  Tahun 2022 pemerintah mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional atau BIAN dalam rangka meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak. Hal ini disebabkan saat pandemi Covid-19 terjadi penurunan cakupan imunisasi dasar lengkap.

Saat ini pelaksanaan BIAN di Kabupaten Tojo Una-una terus digenjot hingga akhir juli mendatang.

Kepala Seksi Imunisasi dan Survailance dinas kesehatan Tojo Una-una Moh Rifai menjelaskan, BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela dan pemberian Imunisasi Kejar pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. Adapun jenis vaksin yang diberikan pada saat BIAN adalah Vaksin Campak-Rubela, Vaksin Polio OPV dan IPV, dan Vaksin Pentavalent DPT-HB-Hib.

" Kegiatan ini adalah kegiatan yang bukan baru. Vaksin yang diberikan juga bukan vaksin baru namun vaksin ini yang sudah bertahun-tahun kita gunakan dan ini tujuannya memberikan perlindungan lebih untuk anak-anak kita, kenapa, karena cakupan imunisasi selama 2 tahun pandemi ini menurun drastis, " ujar Moh Rifai, Senin (4/7/22).

Adapun sasaran pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah anak umur 9 bulan sampai dengan kurang dari 12 tahun. Menurut Moh Rifai dinas kesehatan Tojo Una-una sendiri, telah melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan pemuda dan olahraga dan Kantor Kementerian Agama Tojo Una-una untuk pelaksanaan BIAN dilingkungan sekolah dan juga dengan Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa untuk pelaksanaan Imunisasi pada bayi dan balita yang ada di masing-masing desa didaerah ini.

Hingga saat ini Cakupan Imunisasi Campak Rubela pada Bulan Imunisasi Anak Nasional di Kabupaten Tojo Una-una dari 37.687 sasaran, baru 3.891 anak yang sudah diimunisasi dan tersisa 33.796 yang belum melakukannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar