Program Bunga Desa Dekatkan Pelayanan Dasar Masyarakat

KBRN, Poso :  Memasuki hari kedua pelaksanaan program Bunga Desa, di Desa Bakti Agung, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kamis, (30/6/2022),  mendapatkan respon positif dari kalangan masyarakat. Hal ini nampak antusiame masyarakat se-Kecamatan Poso Pesisir Utara yang hadir untuk bisa mendapatkan pelayanan langsung dari beberapa OPD.

Sejumlah pelayanan dasar dari Program Bunga Desa seperti Dinas Kependudukan dan catatan sipil  yang melayani perekaman dan pencetakan KTP, penerbitan Kartu Keluarga, Pengurusan Akta Pernikahan dan Kematian, selain itu Dinas Kesehatan melayani pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksinasi covid-19.

“ Selain itu, ada juga Dinas Sosial yang memberikan pelayanan berkaitan dengan pengurusan kartu jaminan sosial, serta Badan Pendapatan Daerah yang memberikan pelayanan tentang penerbitan SPPT, pembayaran pajak atau retribusi daerah, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB yang memberikan pelayanan berkaitan dengan program keluarga berencana serta Dinas Pertanian yang memberikan pelatihan tentang pembuatan pupuk organik kepada para petani. “, Ungkap Bupati Poso, dr Verna Inkiriwang.

Selain itu juga masyarakat masih mendapatkan pelayanan dari pihak Kepolisian Polres Poso berkaitan dengan perpanjangan dan pembuatan baru SIM, adapula pelayanan dari BPJS Poso berkaitan dengan layanan jaminan kesehatan, juga pelayanan yang diberikan oleh pihak perbankan seperti pembuatan rekening nasabah, pembayaran pajak daerah serta pelayanan yang diberikan oleh Palang Merah Indonesia Kabupaten Poso yang berkaitan dengan pengecekan golongan darah dan donor darah.

Bupati dr. Verna G.M Inkiriwang sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran OPD, kepada Kepolisian Polres Poso, kepada instansi Vertikal, kepada Perbankan  dan organisasi Palang Merah Indonesia serta pemerintah Desa yang sampai hari ke dua masih semangat memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

“ hal ini bisa terwujud dengan baik karena semua pihak atau stakeholders sepakat untuk terus meningkatkan pelayanan langsung kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga secara bersama pula seluruh stakeholder sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing melaksanakan pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Poso bumi Sintuwu Maroso, mewujudkan Kabupaten Poso Yang Maju, Tangguh dan Terdepan di Sulawesi Tengah “. Ujar Bupati Verna.

Beberapa pendapat yang dikemukakan oleh masyarakat yang hadir untuk mendapatkan pelayanan, mereka sangat berterima kasih atas pelaksanaan program Bunga Desa yang telah  di gagas oleh Bupati Poso, melalui  program ini masyarakat sangat terbantu untuk mendapatkan akses pelayanan langsung dengan mudah dan cepat, juga menghemat biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat bahkan meniadakan pembiayaan atau gratis. Harapan dari masyarakat, agar program Bunga Desa dapat terus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso secara berkelanjutan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar