Hadiri HUT ke-104 Tontowea, Bupati Delis : Jalan ke Tontowea Beraspal Mulus Tahun Ini

KBRN, Morut : Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Febriyanthi DJ. Hehi Hongkiriwang dan sejumlah pejabat Pemda Morut, menghadiri acara peringatan HUT ke-14 Desa Tontowea yang berlangsung meriah pada Senin (27/6/2022).

Berbagai acara digelar pada kesempatan itu, antara lain pencanangan program Kesehatan Desa Mandiri serta wajib menanam 200 pohon tanaman produktif yakni sawit, pala, durian montong dan coklat sambung pucuk.

"Program ini kami laksanakan karena kami tidak ingin anak cucu kami nanti hidup dalam kemiskinan. Kami ingin mereka memiliki kesehatan yang baik dan ekonomi yang kuat sehingga motto kami yakni Tontowea Inienggu Moroso (Tontowea Desaku yang kuat) akan terwujud," kata Kepala Desa Tontowea Salmon Toganti, S.Th yang baru enam bulan menjadi Kades.

Sementara Bupati Morut Delis J. Hehi memberikan apresiasi kepada Kades dan jajarannya, karena meski baru enam bulan memimpin, sudah melakukan langkah-langkah terobosan untuk kesejahteraan masyarakat dan sejalan dengan program pemerintah kabupaten yakni mewujudkan masyarakat Morut yang sehat, cerdas dan sejahtera.

"Program wajib menanam 20 pohon tanaman produktif ini sangat visioner. Saya akan mendukung program ini agar perbankan bisa menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) khusus untuk sawit untuk membiayai program ini dengan dana bank yang bunganya sangat rendah, hanya tiga persen pertahun," ujarnya.

Dukungan lainnya adalah memperbaiki akses perhubungan darat ke desa Tontowea dari berbagai arah, sehingga desa Tontowea ini ke depan akan menjadi sangat strategis posisinya.

"Tahun ini sudah dianggarkan pengaspalan jalan antara Desa Tiu ke Tontowea, Korolama ke Koromatantu, sehingga akhir tahun ini, jalan raya dari Kolonodale, sebagai ibu kota Kabupaten Morut ke desa Tontowea akan beraspal mulus," ujar Delis yang disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Tidak hanya itu, sudah dianggarkan pula peningkatan jalan dari Tontowea ke Desa Era, Tontowea ke Molino. Kalau jalan-jalan ini terbuka, maka ekonomi masyarakat akan bertumbuh pesat yang kemudian berdampak pada kesejahteraan yang makin meningkat.

Bupati juga mengatakan bahwa mulai 2022 ini, pemkab akan mengucurkan bantuan modal usaha Rp300 juta per desa. Tinggal menunggu persetujuan pemerintah provinsi atas peraturan bupati (perbub) mengenai pencairan dana bantuan ini.

"Silahkan masyarakat memilih usaha ekonomi apa atau komoditi apa yang akan dikembangkan dengan memanfaatkan dana bantuan tersebut. Yang penting usahanya produktif dan memiliki prospek bagus untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Delis lagi yang lagi-lagi disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar