Rp37 miliar Untuk Ruas Jalan Beteleme-Batas Sulsel

KBRN, Morut :  Kabar gembira untuk masyarakat Morowali Utara (Morut), utamanya warga Desa Poona, Mandula, Dolupo Karya dan Lembobelala, yang sedang resah dengan kondisi jalan di wilayah itu, datang dari Desa Tontowea, Senin (27/6/2022).

Bupati Morowali Utara saat memberi sambutan pada peringatan HUT Ke-104 Desa Tontowea mengungkapkan bahwa Gubernur Sulteng Rusdy Mastura telah menyetujui alokasi dana Rp37 miliar untuk peningkatan jalan dari Beteleme ke Perbatasan Morut dan  Luwu Timur (Sulsel).

"Tahun ini pada APBD Perubahan 2022, dianggarkan Rp7 miliar, tahun depan Rp17 miliar dan tahun 2024 sebanyak Rp13 miliar," ujar Delis.

Ia membenarkan bahwa semula anggaran peningkatan jalan Beteleme-batas Sulsel ini dicoret dari APBD Sulteng, namun berkat pendekatan yang intensif, gubernur akhirnya menyetujui anggaran Rp7 miliar dikucurkan tahun 2022 ini juga.

"Surat persetujuan gubernur soal alokasi Rp7 miliar untuk jalan Beteleme-Batas melintasi Desa Poona, Mandula dan Dolupo Karya sudah diteken Gubernur Sulteng kemarin," ujar bupati Delis.

Masyarakat menyambut gembira kabar rencana peningkatan jalan Beteleme-batas Sulteng yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan itu.

"Terima kasih pak bupati sudah berjuang agar jalan kami ini bisa segera diperbaiki tahun ini," ujar Hengki Randalongi, seorang wiraswastawan di Desa Mandula.

Karena kondisi jalan rusak, waktu tempuh ruas Beteleme-Mandula yang hanya 15 kilometer jaraknya menggunakan mobil kecil antara 45 sampai 60 menit. Kalau mobil truk, apalagi yang bermutaan sawit atau bahan bangunan paling cepat 90 menit," ujar Hengki.

Jalan rusak ini juga sering sekali mengakibatkan kerusakan berat seperti patah as pada truk-truk kami yang sedang memuat kelapa sawit.

Wilayah Kecamatan Lembo Raya yang akan dilintasi jalan provinsi Beteleme-Batas Sulsel ini merupakan kawasan pertumbuhan ekonomi potensial dan sedang berkembang dengan hasil utama yakni kelapa sawit, karet, kakao dan peternakan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar