Dinas Pertanian Sulawesi Tengah Siapkan Areal Tanaman Kedelai Mencapai 1.500 Ha

KBRN, Palu : Kementerian Pertanian Republik Indonesia mendorong pemerintah daerah melakukan inovasi dalam pengembangan produk pangan lokal untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah Ir. Retno Erningtyas, MP kepada RRI mengatakan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional kementerian pertanian tersebut saat ini pihaknya berupaya melakukan pengembangan sejumlah produk pangan, diantaranya pengembangan tanaman kedelai dengan luas lahan mencapai 1.500 hektar disejumlah wilayah, hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal. 

“Kedelai kita menyiapkan sekitar 1.500 Ha areal tanam tersebar di tiga Kabupaten, untuk memenuhi kebutuhan industry olahan tahu dan tempe, dan saat ini masih dalam tahap penanaman,” jelasnya, Selasa (28/6/2022).

Sementara Balai Pengkajian Tekonologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah menyiapkan inovasi teknologi pertanian untuk membantu petani dalam meningkatkan hasil produksi pertaniannya.

Kepala BPTP Sulawesi Tengah Dr. Abdul Wahab, SP M.Si mengatakan pihaknya akan terus mendukung peningkatan produksi pertanian melalui inovasi teknologi dibidang pertanian untuk mendukung kemajuan pertanian di Sulawesi Tengah.

“Yang jelas BPTP sebagai penyedia teknologi akan terus berinovasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,” kata Abdul Wahab.

Kepala BPTP Sulawesi Tengah menambahkan, BPTP Badan Litbang pertanian tidak hanya berperan di bagian hulu akan tetapi memiliki tanggung jawab hingga hilir. Karena itu perlu kerjasama terintegrasi baik peneliti, penyuluh pertanian maupun petani yang menjadi sasaran dalam mengaplikasikan inovasi teknologi untuk meningkatkan daya saing produk pertanian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar