Dukung Ketahanan Pangan Nasional Petani di Sulteng Minta Pemerintah Sediakan Fasilitas

KBRN, Palu : Ditengah upaya pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan mengantisipasi terjadinya krisis pangan akibat permasalahan global.Sejumlah persoalan masih mengemuka dan perlu diantisipasi oleh pemeritah pusat maupun daerah tidak saja persoalan lahan namun fasilitas pendukung pertanian harus disiapkan.

Arfan salah seorang warga Kabupaten Sigi kepada RRI mengatakan, pemerintah perlu memberikan perhatian lebih terhadap petani terutama ketersediaan infrastruktur serta fasilitas pendukung lainnya diantaranya akses pupuk yang memadai bagi petani.

“Saya sebagai masyarakat pemerintah harus menyediakan bibit, pupuk bagi petani serta dilakukan pembinaan dan pelatihan,” ujarnya Selasa (28/6/2022)

Sementara itu Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah Ir. Retno Erningtyas, MP kepada RRI mengatakan, dalam mendukung upaya peningkatan hasil pertanian di Sulawesi Tengah pihaknya berupaya mendorong petani dapat memaksimalkan hasil produksinya, melalui pemberian sejumlah bantuan dan fasilitas pendukung termasuk pendampingan terhadap petani.

“Dari dinas  TPH sendiri sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan hasil produksi pertanian tersebut,” kata Kabid Produksi Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah Retno Erningtyas.

Kabid Produksi Tanaman Pangan juga menambahkan untuk mendukung program pembangunan pertanian di Sulawesi Tengah saat ini pemerintah Sulawesi Tengah berupaya menyediakan lahan untuk pengembangan komoditi pertaian dalam mendukung kebutuhan IKN.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar