𝗕𝘂𝗻𝗴𝗮 𝗗𝗲𝘀𝗮 𝗛𝗮𝗱𝗶𝗿 𝗗𝗶 𝗞𝗲𝗰𝗮𝗺𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗣𝗼𝘀𝗼 𝗣𝗲𝘀𝗶𝘀𝗶𝗿 𝗨𝘁𝗮𝗿𝗮

KBRN, Poso : Setelah 8 bulan berjalan kali ini Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang ngantor di Desa Bakti Agung dalam Program Bunga Desa ke 5, Selasa (28/6/2022).

"Bangga dan mengapresiasi penyambutan masyarakat Kecamatan Poso Pesisir Utara, hari ini kami disambut dengan luar biasa ngantor di Desa. Sekedar kita ketahui awal inspirasi kami untuk mengadakan Program Bunga Desa adalah setelah bertemu dengan salah seorang ibu dari wilayah Poso Pesisir Utara yang mengatakan jika kami terpilih jadi pemerintah daerah jangan sombong dan jangan hanya dikota terus tetapi sekali-kali harus kedesa, inilah yang mendorong kami berpikir sehingga program ini ada”. Ungkap Bupati Poso.

Tujuh pilar yaitu Desa Maju, Poso Sehat, Poso Pintar, Poso Sejahtera, Poso Pakaroso, Poso yang harmoni dan tangguh serta Poso Bersinar dan terdepan, kami hadirkan untuk seluruh masyarakat Sintuwu Maroso. Tujuh pilar program unggulan pemerintah daerah tersebut terus disosialisasikan bahkan telah di wujudkan satu persatu untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Poso.

“ Khusus di Kecamatan Poso Pesisir Utara pada saat ini saya informasikan hal-hal sebagai berikut: jaringan irigasi Desa Tambarana Utara dan Desa Bakti Agung yang sejak bulan Mei 2021 tidak lagi berfungsi karena bendungan rusak, irigasi tersebut mengairi persawahan Desa Tambarana Utara 120 Ha dan Desa Bakti Agung 450 Ha. Pada bulan ini telah dilakukan pekerjaan jaringan irigasi Tambarana kiri, selain itu pemerintah daerah juga melaksanakan pembangunan irigasi persawahan daerah irigasi kilo atas “. Ungkap Verna.

Lebih lanjut, untuk menunjang sarana pendidikan tahun ini dilaksanakan  pembangunan/pengaspalan jalan ke lokasi SMPN 4 dan di rencanakan tahun depan akan di masukkan peningkatan jalan menuju SMPN 4 Poso Pesisir Utara. Dalam rangka mengantisipasi daerah-daerah rawan bencana di Kecamatan Poso Pesisir Utara, tahun ini pemerintah daerah melaksanakan pembangunan tanggul pemecah ombak di Desa Tambarana, melaksanakan operasional dan pemeliharaan Sungai Matawo’o Desa Bakti Agung, dan Sungai di Desa Tambarana.

Selain itu kegiatan normalisasi beberapa sungai lainnya di Kecamatan Poso Pesisir Utara akan menjadi prioritas kegiatan TA 2023 serta diusulkan pada sumber pendanaan melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi III ( BWSS III). BPBD Kabupaten juga telah melakukan koordinasi dengan BPBD Provinsi untuk tindak lanjut normalisasi Sungai Matawo’o.     

"Dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat berupa air bersih, tahun ini pemerintah daerah melaksanakan peningkatan dan perluasan spam di Desa Tambarana. Dengan banyaknya kasus kebakaran di wilayah Kabupaten Poso, pemerintah daerah mempunyai rencana prioritas menempatkan mobil pemadam kebakaran di setiap kecamatan, terutama wilayah kecamatan yang jauh dari jangkauan armada pemadam kebakaran (salah satunya Kecamatan Poso Pesisir Utara). Pemerintah Kabupaten Poso telah mengajukan proposal kepada Kementerian Dalam Negeri untuk pengadaan bantuan mobil pemadam kebakaran. 

Untuk mengatasi kelangkaan pupuk, pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian selalu intens dan gencar melaksanakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk organik, dengan demikian kedepan kita tidak bergantung lagi pada pupuk  yang dari pabrik untuk meningkatkan hasil produksi pertanian kita" Terangnya.

Tahun ini juga pemerintah melaksanakan pengaspalan/peningkatan jalan di beberapa desa di wilayah kecamatan poso pesisir utara. Untuk lebih jelasnya dapat ditanyakan langsung ke stand OPD yang tersedia.

“Saya berharap kehadiran kami di Desa Bakti Agung untuk melanjutkan gagasan awal membangun dari desa ini bisa memberikan dampak yang signifikan didalam pencapaian program unggulan kami secara keseluruhan sehingga upaya mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat untuk Kabupaten Poso yang maju, tangguh dan terdepan di Sulawesi Tengah bisa kita capai bersama”. Ujar Bupati.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar