Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab), Program Baru BPJS Kesehatan

KBRN, Palu : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Palu, memberikan program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab) kepada peserta pemegang kartu Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Program Rehab tersebut diberikan untuk meringankan biaya tunggakan iuran BPJS kesehatan serta memudahan peserta karena pembayarannya dapat dilakukan dengan mencicil sesuai dengan kemampuan.

Menurut Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS cabang Palu, Vince Malewa, program Rehab tersebut baru saja dimulai pada awal tahun 2022 dan merupakan program baru.

"Program Rehab ini juga baru kami lakukan sosialisasi kepada masyarakat dan berharap animo masyarakat tinggi untuk mengikuti program tersebut," tutur Vince, Senin (27/6/2022).

Ia juga mengutarakan bahwa program Rehab tersebut dikhususkan ke peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan BP yang memiliki tunggakan iuran untuk dapat melakukan pembayaran iuran secara bertahap.

"Kenapa kami berikan program ini karena rendahnya pembayaran, Jadi kalau kami lihat sampai dengan saat ini, peserta yang menunggak itu sekitar 120 ribu termasuk kelas 1,2 dan 3," ungkapnya.

"Kemudian, rendahnya tingkat keaktifan peserta PBPU yang disebabkan kerena tingginya peserta yang menunggak membayar iuran. Serta tingginya peserta PBPU yang menunggak diatas 3 bulan atau 4 sampai 24 bulan," 

Lanjut Vince menurutkan, tujuan dan manfaat program Rehab itu antara lain memberikan kemudahan pembayaran tunggakan kepada peserta untuk melunasi tinggakan iurannya.

Serta juga meningkatkan kolektabilitas iuran PBPU secara tidak langsung dan diharapkan meningkatkan keaktifan PBPU.

"Bagi peserta keringanan pembayaran tunggakan melalui mekanisme cicilan itu memberikan kesempatan untuk dapat segera mengaktifkan kepesertaannya," pungkas Vince.

Untuk daftar program Rehab, peserta JKN-KIS bisa melakukannya lewat aplikasi Mobile JKN.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar