Dewan Pers Beserta Sejumlah Lembaga Uji Laksanakan UKW di Sulteng

KBRN, Palu : Dewan Pers kembali melaksanakan Uji Kompetensi Watawan di Kota Palu selama dua hari, mulai tanggal 25 – 26 juni 2022 bertempat di Hotel Sutan Raja. 

Pada pelaksanaan UKW saat ini, Dewan Pers bekerjasama dengan beberapa lembaga uji, diantaranya Tempo Institute, PWI, IJTI, dan AJI. Pelaksanaan UKW sendiri diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai daerah, mulai dari Sulawesi Tengah, Kendari, gorontalo, dan Papua.

Rustam Fachri selaku Perwakilan Lembaga Uji Tempo Institute mengungkapkan peserta yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan di Tempo Institute sebanya 12 orang peserta untuk tingkatan muda. selain dirinya peguji lain adalah Tulus Wijanarko.

“UKW merupakan satu kebutuhan bagi masyarakat pers terlihat dari antusias dan partisipasi peserta yang akan mengikuti UKW, sehingga langka dewan pers untuk melaksanakan kegiatan ini menjadi langkah yang baik,” ujar Rustam Fachri, Sabtu (25/06/2022).

Sementara Itu, Ketua Komisi Penelitian, Pendataan Dan Ratifikasi Pers Ninik Rahayu menjelaskan dengan terlaksananya Uji Kompotensi Wartawan, kedepanya masyarakat mampu memperoleh informasi yang lebih baik lagi kedepanya, selain itu juga melalui UKW kali ini mampu melahirkan jurnalis-jurnalis yang kompeten sehingga mampu mencerdaskan kehidupan bangsa Seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar.

“Para jurnalis yang mengikuti UKW kali ini mampu menyuarakan apa yang tidak dapat disuarakan oleh masyarakat, mampu menjadi jurnalis yang kompeten tidak hanya bermodalkan fisik dan juga intelektual akan tetapi dilengkapi integrasi dan kompetensi yang berlandaskan nilai-nilai etika,” ujarnya.

Ia juga menambahakan jurnalis tidak seharunya membuat tulisan yang mampu memicu konflik sosial, sarah, kekerasan, intrik dan merendahkan martabat seseorang.

Harapannya para peserta yang hari ini mengikutu UKW mampu mengerjakan soal uji yang diberikan sehingga nantinya dapat dinyatakan lulus baik itu peserta yang mengikuti jejang Muda, Madya, ataupun Utama.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar