Rutan dan Lapas Tingkatkan Pengamanan Cegah Masuknya Barang Terlarang

KBRN, Palu : Masih adanya upaya pelanggaran hukum yang dilakukan oleh penghuni Rutan Klas IIA Palu dan keluarganya sangat disayangkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sulawesi Tengah Budi Argap Situngkir.

Dikatakan ditengah berbagai upaya yang dilakukan pihaknya dalam menjamin seluruh warga binaan menjalani masa hukuman dengan baik, serta tidak lagi melakukan pelanggaran hukum, masih ditemukan adanya warga binaan atau tahanan yang berupaya melakukan pelanggaran didalam rutan dan Lapas yang juga ikut melibatkan keluarga tahanan.

Menyikapi hal ini pihaknya semakin meningkatkan pengawasan dan minta keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan lapas dan Rutan yang bersih.

 “Ini menunjukkan kejahatan narkoba masih sangat massif, dan keluarga kadangkala tidak mendukung pemberantasan narkoba, kita berupaya segala cara menghalangi masuknya narkoba tapi kadang kala masih ada keluarga yang berusaha memasukkan narkoba,”jelas Kakanwil Kemenkumham Sulteng Budi Argap Situngkir, Sabtu (28/05/2022).

Sementara itu Kepala Rutan Klas IIA Palu Yansen, Sabtu (28/05/2022) mengatakan upaya untuk memasukkan narkoba yang berhasil digagalkan pihaknya merupakan kali pertama dimana keluarga tahanan berupaya memasukkan narkoba melalui makanan yang dititipkan.

“ini dia baru, baru sekitar 3-4 bulanan di Rutan, dan dia ini bukan kasus narkoba ditahan tapi karena penggelapan. Makanya kami juga tidak tau kenapa tiba-tiba dia berusaha bawa masuk narkoba,”terang Yansen.

Dikatakan ditengah masih adanya upaya sejumlah pihak yang melakukan pelanggaran, pihaknya semakin berupaya memaksimalkan pengamanan baik dipintu depan maupun disetiap kamar tahanan, dengan rutin melakukan pemeriksaan setiap kamar tahanan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar