Pemkab Sigi Wujudkan Ekonomi Tangguh Berbasis Kerakyatan

KBRN, Sigi : Bupati Sigi Mohamad Irwan membuka secara resmi Pelatihan Meubel Rotan dan Kayu  sekaligus persemian gedung Pusat Promosi IKM Sentra Meubelair yang di laksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Sigi  bertempat di Komplek  Pusat Promosi IKM Sentra Meubelair Desa Jono Kecamatan Dolo Selatan Selasa(24/5/2022).

Sebanyak 20 Peserta IKM dan UMKM mengikuti kegiatan tersebut yang dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 24 Mei - 17 Juni 2022 mendatang.

Bupati Sigi dalam sambutannya menyampaikan pembangunan ekonomi merupakan hal yang kompleks memiliki banyak tantangan kebijakan-kebijakan yang perlu pembahasan dari segala sektor dan kepentingan serta tentu menghabiskan banyak waktu tenaga serta modal alam pelaksanaannya.Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membangun ekonomi suatu daerah menjadi tangguh dan produktif ialah membangun ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan.

“ Telah terbukti selama pandemi covid 19 di mana sektor usaha industri kecil menengah atau ikm dan usaha mikro kecil menengah atau UMKM mampu menjadi tulang punggung penggerak ekonomi di tengah krisis ekonomi global yang terpuruk akibat pandemi covid-19.Peran penting ikm dalam meningkatkan ekonomi suatu daerah tentu tidak dapat diragukan lagi, di mana kita ketahui bahwa penyerapan tenaga kerja sektor ini cukup tinggi, hal ini tentu mampu meningkatkan laju perputaran ekonomi daerah”. Ujar Moh Irwan.

Menurut Bupati Sigi, melihat pentingnya peran pembangunan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan maka pemerintah daerah perlu melakukan langkah-langkah strategis salah satunya mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan teknis sumber daya manusia yang bergerak dalam kegiatan usaha produksi untuk dapat menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai jual dan tentunya bersaing di pasaran.

“ Salah satu langkah yang dapat dilakukan yaitu peningkatan keterampilan penggunaan mesin dan peralatan, teknis pengerjaan produk yang baik jaminan mutu, pemasaran dan manajemen usaha melalui kegiatan pelatihan bimbingan teknis atau sejenisnya”. Tambahnya.

Selanjutnya Bupati Sigi berharap agar kepada penerima manfaat kegiatan pelatihan ini semoga kegiatan ini mampu menambahkan pengetahuan dan kemampuan teknis bagi pelaku industri mebel rotan dan kayu sehingga mampu menghasilkan produk yang memiliki kualitas sesuai standar kebutuhan masyarakat sekitar dan secara luas pasar nasional.

Sesuai dengan penyampaian Bupati Sigi Kepala dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Sigi menambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan tersebut adalah agar produksi Lokal yang ada di kabupaten Sigi memiliki daya saing bukan hanya dipasar nasional tetapi internasional baik.Kerena di era saat ini permintaan dan minat masyarakat akan furniture lokal sangat melonjak untuk itu kabupaten Sigi diharap bisa memenuhi pasar-pasar industri yang ada.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar