Launching Stunting Kabupaten Banggai Laut Terapkan Aksi Konvergensi

KBRN, Banggai Laut : Dalam rangka mewujudkan komitmen bersama antar semua pihak, Pemerintah Daerah melalui Dinas PMD & P3A menggelar kegiatan Launching Penanggulangan dan Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi di Kabupaten Banggai Laut tahun 2022.

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 15 Mei hingga 22 Mei 2022 di 7 desa lokasi fokus yang telah ditetapkan tim terkait, yaitu Desa Tinakin Laut Kecamatan Banggai, Desa Tintingo Kecamatan Banggai Tengah, Desa Matanga Kecataman Banggai Selatan, Desa Lokotoy Kecamatan Banggai Utara, Desa Bungin Kecamatan Bokan Kepulauan, Desa Lantibung Kecamatan Bangkurung dan Desa Lalong kecamatan Labobo.

Saat memberikan sambutannya, Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, SH menjelaskan bahwa stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan. Stunting juga bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak. Selain itu, stunting juga memiliki resiko lebih tinggi menderita penyakit kronis di masa dewasanya.

Oleh karena itu, diharapkan adanya keseriusan dan komitmen dari kepala desa dan seluruh pihak untuk bersama-sama mewujudkan penanggulangan dan penurunan stunting dengan memanfaatkan segala potensi yang ada di desa.

"Diimbau kepada seluruh kepala desa agar setiap calon pengantin yang ada di desa untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu syarat penting yang tidak boleh dilewatkan sebelum akad nikah," ucapnya.

Konsultasi dan pemeriksaan tersebut, sebagai salah satu upaya untuk menciptakan keluarga sehat dan mencegah kematian ibu, bayi dan anak serta mempercepat penurunan stunting.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah, Drs. Ruslan, Asisten Administrasi Umum, Drs. Sardin S. Pilisi dan seluruh pihak terkait.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar