57 Duta Damai Dunia Maya Sulteng Ikuti Pelatihan

Duta Damai Dunia Maya, Sulteng, ikuti Pelatihan

KBRN,  Palu : Sebanyak 57 orang Relawan Duta Damai Dunia Maya bentukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)  bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme  (FKPT) Provinsi Sulawesi Tengah, sejak Senin (23/5/2022) hingga 2 hari berikutnya mengikuti pelatihan untuk dapat dijadikan sebagai Duta Damai Dunia Maya.

Kepala Subdirektorat Kontra Propaganda  BNPT Kolonel TNI Sujatmiko mengatakan, pelaksanaan pelatihan semacam ini, sebelumnya ditujukkan untuk merangkul kaum muda khususnya dari kalangan milenial untuk bersama–sama melakukan upaya deradikal;isasi terhadap paham - paham radikal yang selama ini bertebaran melalui media sosial.

Dijelaskanya, selain pemberian pemahaman terkait upaya deradikalisasi, akan ada pelatihan semacam penulisan serta pembuatan berbagai kebutuhan yang brkaitan tentang desain komunikasi visual.

“Kita akan mulai pembentukan duta damai dunia maya Provinsi Sulawsi tengah, yang pada tiga hari ini kita akan menerima materi IT, Dkv mauun materi penulisan” Ungkapnya.  

Ketua FKPT Sulawesi Tengaha Nur Sangadji menjelaskan, pembentukan Duta Damai dunia maya sendiri, dianggap sangat penting dalam meminimalisir berbagai paham radikal yang selalu bertebaran melalui media sosial.

Terlebih menurutnya, Provinsi Sulawesi Tengah khususnya Poso sangat dikenal di tingkat nasional sebagai daerah yang kerap kali diidentikkan dengan berbagai kasus terorisme.

“Bicara Terorisme, siapa yang tidak kenal Poso. Yang diidentikkan dengan kasus terorisme” Jelasnya  

Karena hal semacam itulah, pembentukan duta damai dunia maya dianggap sangata penting untuk di tingkatkan keberadaanya, khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah dalam membantu menangkal paham-paham semacam itu semakin berkembang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar