Pemkab Morowali Beri Kesempatan Seluasnya Bagi Tenaga Kerja Lokal

KBRN, Morowali : Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali memberikan kesempatan sebesar besarnya terhadap tenaga kerja lokal dalam pengelolaan potensi daerah. Hal ini sejalan dengan potensi daerah Kabupaten Morowali Propinsi Sulawesi Tengah kini terus dikelola oleh sejumlah perusahaan multinasional.

Hadirnya  Industri pengolahan biji besi dan nikel menjadi penyumbang pendapatan asli daerah PAD yang tinggi serta menjadikan Morowali sebagai daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi terbesar di Sulawesi Tengah.

Iwan, salah seorang warga dan pekerja dikawasan tambang mengatakan, dampak dari kehadiran industry tambang, kawasan ekonomi baru bermunculan, salah satunya  adalah kawasan tambang  yang terletak di Kecamatan Bahodopi.

“ Kehadiran industri tambang menyebabkan ribuan pekerja datang dari berbagai daerah di Indonesia dan harus siap bersaing dengan pekerja asing. Karena itu banyak warga dan calon pekerja yang mengharapkan Pemerintah Daerah dapat membuka kesempatan sebesar besarnya terhadap pekerja lokal untuk ikut terlibat dalam pengelolaan potensi daerah  mengingat persaingan tenaga kerja semakin ketat “. Ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Morowali Drs Taslim kepada RRI menegaskan pihaknya telah mengeluarkan sejumlah regulasi pemberdayaan masyarakat lokal dalam kegiatan pengelolaan potensi sumber daya alam.

“Regulasi tersebut antara lain ketrampilan atau skil pekerja lokal dan kesempatan mengembangkan usaha bagi masyarakat Morowali yang ada di kawasan industry. Kita juga menempatkan tenaga ahli lokal sebagai HRD di perusahaan tambang, di IMIP misalnya, agar dapat memfasilitasi tenaga kerja lokal bekerja disana”. Ungkap Bupati Taslim, Minggu, (22/5/2022).

Diakui bahwa persaingan dunia kerja di Morowali semakin ketat serta membutuhkan tenaga siap pakai. Kedepan menurut Bupati Taslim pihaknya akan mengedepankan pendidikan vokasi atau ketrampilan serta membangun kerjasama dengan perusahaan dalam hal rekrutmen tenaga kerja lokal.

“ Kita akan memperkuat Pendidikan vokasi serta peningkatan ketrampilan pekerja lokal melalui Balai Latihan Kerja yang dapat bekerja sama dengabn pihak perusahaan tambang “. Tandas Bupati Taslim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar