Rumah Adat Tambi di Desa Walandano Diharapkan Menjadi Pusat Literasi Masayrakat

KBRN, Palu : Rumah adat tambi yang baru saja direamikan oleh gubernur, diharapkan mampu menjadi pusat literasi, selain itu juga menjadi pusat perekonomian dan bernilai ekonomi dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar.

setelah pelaksanaan yang dimulai dari tanggal 16 mei 2022 lalu, festival walandano secara keseluruhan telah dirampungkan dengan adanya penandatanganan prasasti gedung perpustakaan desa walandano yang dilakukan opeh gubernur sulawesi tengah.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura sangat mengapresisi atas apa yang telah dilakukan oleh Medco Fundation yang telah membantu banyak atas realisasi bangunan rumah adat tambi yang nantinya akan menjadi pusat literasi di desa walandano.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih karena tanpa perlu repot-repot Medco sudah mau membangun perpustakaan untuk meningkatkan literasi dilingkungan masyarakat,” jelas Rusdy, Jum’at (20/05/2022)

Menanggapi hal itu, Head Of Medco Fundation Roni Pramaditia mengungkapkan dengan adanya sambutan positif dari masyarakat menjadi pemicu untuk terus bergerak menguatkan literasi. Kedepanya juga, dengan adanya festival ini tidak hanya untuk menghibur, akan tetapi juga mampu bernilai ekonomi bagi masyarakat.

“kami juga bahagia karena masyarakat menanggapinya secara positif, dan kedepanya masyarakat juga dapat meningkatkan pemahamannya dengan adanya perpustakaan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Tengah Tenny C Suriton menjelaskan bahwa dengan adanya situs rumah adat tambi dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk memperluas wawasan atas program yang dimiliki BKKBN sehingga mampu mensejahterahkan keluarga juga masyarakat utamanya yang berkaitan dengan program banggakencana.

“nantinya kami juga akan memberikan beberapa program-program yang ada di BKKBN agar masyarakat walandano dapat meningkatkan sumber daya manusia, dan juga beberpa program lainnya terkait dengan banggakencana melalui situs rumah adat tambi,” ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar