Bertemu Serikat Pekerja, Bupat Morut Minta Awasi ketat Pelaksanaan UU Ketenagakerjaan

img_1653030394730.jpg
img_1653030403327.jpg

KBRN, Morut : Bupati Morowali Utara mengadakan jumpa silahturahim dengan pengurus serikat pekerja dari sejumlah perusahaan seperti PT.ANA, PT.TJIM, dan PT.SPN di rumah jabatan bupati di Kolonodale, Kamis (19/5) malam.

Bupati dalam kesempatan tersebut didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Kab.Morowali Utara Kartiyanis Lakawa, ST.

Bupati  mendengarkan beberapa masukan dari serikat pekerja kepada pemerintah daerah, khususnya terkait upaya meningkatkan kesejahteraan pekerja.

Serikat pekerja meminta kepada pemerintah daerah untuk memfasilitasi agar perusahan dapat memberikan tunjangan beras dan penghargaan-penghargaan kepada pekerja serta meminta perusahaan menerapkan struktur skala upah bagi pekerjanya.

Mereka juga meminta agar uang lembur bagi pekerja di tinjau kembali agar penerapannya oleh pihak pemberi kerja benar-benar sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Selain itu perwakilan serikat pekerja juga mengharapkan agar pemerintah daerah mengadakan sosialisasi kepada pekerja sehubungan dengan adanya perubahan UU No.13 tahun 2013 ke UU No.11 tahun 2020 tentang cipta kerja. Selain itu pemerintah daerah melaksanakan pelatihan K3 bagi para pekerja.

Serikat pekerja meminta kepada pemerintah daerah menyediakan tenaga mediator pada pemerintah daerah (Dinas Nakertrans) untuk menangani konflik-konflik ketenagakerjaan serta perlu adanya UPTD khusus Pengawas Ketenagakerjaan di Morut.

Sehubungan dengan permintaan serikat buruh tersebut bupati menegaskan bahwa permasalahan yang ada regulasinya akan segera ditindak lanjuti sesuai dgn regulasi yang ada.

"Adapun hal-hal yang disampaikan oleh serikat yang berhubungan dengan kebijakan perusahaan, pemerintah daerah akan bernegosiasi dengan pihak perusahaan bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo)," ujar Delis.

Terkait dengan pelatihan dan sosialisasi regulasi tentang ketenagakerjaan akan akan dilaksanakan oleh instansi terkait dalam hal ini Dinas Nakertrans Kabupaten Morut.

Sementara itu Kadis Nakertrans mengemukakan akan segera menindaklanjuti sebagaimana arahan yang disampaikan Bupati Morut dalam silahturahmi dengan serikat pekerja.

"Beberapa masukan dari serikat pekerja sesuai arahan bapak bupati akan segera kami tindak lanjuti. ujar Yanis. (RoMa/CD)

Sumber : MCDD Morut

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar