Lestarikan Seni Dan Budaya, Disparbud Touna Akan Gelar Pentas Seni Budaya Dari Berbagai Etnis di Touna

img.jpg

KBRN, Ampana : Untuk dapat mempertahankan  kebudayaan leluhur yang sudah ada 

diperlukan  upaya dan perhatian yang lebih. Tujuannya selain untuk mengembangkan kebudayaan daerah dan menjaga

keasliannya juga agar menjadi daerah yang memiliki ciri khas tersendiri yang dapat memberikan sumbangsih dalam percepatan pembangunan.

Dalam mengembangkan dan melestarikan aset daerah berupa kebudayaan dan kesenian yang merupakan warisan leluhur, pemerintah daerah Tojo Una-una melalui dinas pariwisata dan kebudayaan akan menggelar pentas seni dan Budaya diantaranya music tradisional, tari tradisional, cerita rakyat, puisi, kontao, kayori dan lagu daerah. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tojo Una-una Moh Arsyad, M.Si mengatakan, untuk dapat melestarikan budaya tradisional daerah ini, diperlukan peran dari seluruh stakeholder tanpa terkecuali masyarakat sehingga eksistensi budaya khas Tojo Una-una dapat terus terjaga. 

" Bagaimana kita melestarikan seni dan budaya kita di Touna ini. Karena selama ini kita melihat seni dan budaya kita ini sudah mulai tergerus pelan-pelan. Nah melalui pentas seni ini kita coba untuk memperlihatkan bahwa ini seni dan budaya kita di Touna," ujar Moh Arsyad, Kamis (19/5/22).

Menurut Arsyad, kegiatan ini direncanakan akan di agendakan pelaksanaannya setiap bulan sekali dengan menampilkan berbagai seni dari budaya dari berbagai etnis dan suku yang ada di wilayah Touna.

" Kita kan di Touna ini banyak sekali etnis, suku, jadi setiap bulannya secara bergantian kita akan menampilkan baik itu tariannya, untuk penyambutan, kemudian ada juga penyembuhan tradisionalnya. Nah sekarang ini  umumnya yang tau seni budaya ini dari kalangan orang tua, nah saat ini kita harus memperkenalkan bahwa seni budaya ini bukan hanya miliknya orang tua, tetapi juga miliknya anak muda, remaja, dan bahkan anak-anak, " tambahnya.

Pentas seni yang akan digelar di Tojo Una-una dijadwalkan akan dilaksanakan pada Sabtu 21 Mei 2022 mendatang di pelataran kantor dinas pariwisata Tojo Una-una. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar