FOKUS: #TANGGAP BENCANA

BKP Palu Perketat Pengawasan dan Stop Lalu Lintas Ternak Dari Daerah Wabah

KBRN, Palu : Balai Karantina Pertanian Palu memperketat pengawasan dan pemeriksaan lalu lintas hewan ternak, untuk Mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menjangkit di Sulawesi Tengah.

Sampai saat ini di Sulawesi Tengah belum ditemukan kasus atau laporan terkait ternak terjangkit Penyakit Kuku dan Mulut atau PMK.

Kepala Balai Karantina Pertanian Palu melalui bidang karantina hewan drh. Nanang Handayono mengatakan, meskipun belum ditemukan pihaknya tetap melakukan pengawasan terhadap lalu lintas hewan ternak yang masuk maupun keluar di Sulawesi Tengah, ia menegaskan sejak ditemukannya kasus PMK di wilayah pulau Jawa dan Aceh,  pihaknya telah menghentikan lalu lintas ternak dari daerah tersebut.

“Kami perketat pengawasan dan pemeriksaan terhadap hewan ternak yang akan dilalu lintaskan antar pulau, khususnya ke wilayah Kalimantan,” jelasnya, Kamis (19/5/2022).  

Dokter Nanang juga menambahkan, sejak ditemukannya kasus PMK tersebut, BKP Palu juga memperketat upaya pengawasan dan pemeriksaan lalu lintas ternak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar