Kuota Calon Haji Sulteng 903 Orang

KBRN, Palu : Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan di Gedung Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah di Palu  Kamis (19/5/2022).

Dalam sambutannya, Gubernur melalui Asisten Administrasi Umum Mulyobo berharap tahapan pelaksanaan ibadah haji yang akan dilalui jamaah mendapatkan berkah, kelancaran dan kemudahan sehingga jamaah haji Sulawesi Tengah menjadi haji mabrur apalagi setelah dua tahun penyelenggaraan haji tertunda akibat pandemi covid-19.

Menurutnya, penyelenggaraan ibadah haji di samping menyangkut pelayanan, pembinaan dan perlindungan serta kesejahteraan lahir dan batin jamaah juga menyangkut nama baik dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia khususnya saat di Arab Saudi.

"Perlu saya tegaskan bahwa tanggung jawab penyelenggaraan ibadah haji tidak saja menjadi tugas Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab instansi terkait di jajaran Pemda provinsi, kabupaten dan kota se- Sulawesi Tengah dan stakeholder lainnya," sebut gubernur.

Keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji lanjut gubernur sangat ditentukan oleh solidnya kerjasama dan koordinasi yang dilaksanakan oleh para panitia tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

"Penyelenggaraan ibadah haji tidak hanya merupakan masalah ibadah semata, tapi menyangkut aspek lain yang tidak kalah penting antara lain aspek kesehatan, transportasi, pelayanan dan keamanan untuk itu Pemerintah berupaya melakukan peningkatan berbagai bidang hingga mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada para calon jamaah haji baik waktu pemberangkatan ke tanah suci maupun sekembalinya ke tanah air," tegas gubernur.

Sebelumnya panitia pelaksana Sahra DM Lasupu, Spdi menjelaskan tujuan pelaksanaan Rakor untuk memberikan pelayanan haji yang sebaik-baiknya kepada calon jamaah haji asal Provinsi Sulawesi Tengah, sehingga para jamaah dapat melaksanakan ibadah dengan sempurna, khusuk, nyaman, tertib dan lancar mulai dari tanah air sampai di tanah suci agar menjadi haji yang mabrur.

Terpisah, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Drs. Awaludin, MM menjelaskan kuota yang diberikan oleh Kementerian Agama untuk provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 903 orang.Selain calon haji, rombongan juga akan didampingi tim kesehatan dan pendamping umum sehingga total keseluruhan 920 orang.Menurut Karo Awaluddin, pihak kementerian memberikan waktu yang cukup singkat selama tiga minggu untuk melakukan persiapan, untuk itu pihaknya harus kerja cepat karena Insya Allah diperkirakan tanggal 7 Juni merupakan awal pemberangkatan melalui Embarkasi Palu-Balik Papan.

Infoemasi yang diperoleh dari Biro Administrasi Pimpinan Setda Sulteng menyebutkan rakor diikuti 50 orang yang terdiri dari Bupati/Walikota, Kakanwil Kementerian Agama, Kabag kesra kabupaten/kota , dan Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar