Tanggapi Keluhan Warga, Wabup Sigi Tinjau Langsung Penataan Kawasan Huntap Pombewe

Wabup Sigi Tinjau Huntap Pombewe .jpg

KBRN, Sigi : Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi melakukan pertemuan dengan warga penyintas bencana untuk mengetahui permasalahan dan ketersediaan fasilitas serta penataan Kawasan Hunian Tetap (Huntap) di Desa Pombewe, Kecamatan Biromaru, Kamis, (27/1/2022).

Sebelumnya dalam dialog Publik yang digagas RRI Palu, Wabup Sigi, Dr Samuel Yansen Pongi menegaskan bahwa rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon), tetap menjadi prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi.

“ Pasca kedatangan Wakil Presiden beberapa minggu lalu pemerintah telah melakukan percepatan diantaranya perecepatan sarana air bersih untuk masyarakat yang berada di huntap.  Selain Infrastruktur juga ada penyerahan sertifikat kepada masyarakat penyintas yang telah menempati huntap. Terkait sertifikat ini Pemerintah kabupaten Sigi bekerjasama dengan BPN Sigi. Selain huntap pombewe pemda juga menyiapkan huntap yang pembanguannya akan dikerjakan pada tahun ini”. Ujar Sanuel Yansen Pongi.

Wakil Bupati juga menyampaikan bagi masyarakat yang masih berada di huntara akan diprioritaskan untuk menempati huntap sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan sesuai data by name by adress yang telah masuk di Badan Bencana Sigi.

“Sedangkan untuk masyarakat yang terdampak yang mempunyai (kartu keluarga) KK gendong saat ini pemerintah juga telah mengusulkan dan mencari solusi untuk untuk melindungi masyarakatnya, ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pemerintah pusat.”. Tambahnya.

Dalam peninjauan lokasi, Wabup Sigi, Dr Samuel Yansen Pongi melihat secara dekat sejumlah keluhan masyarakat, diantaranya ketersediaan air bersih, listrik, penataan kawasan,  serta lokasi pembangunan rumah ibadah dan peninjauan rencana pemasangan lampu jalan di ruas jalan utama menuju hunian tetap desa pombewe.

Wakil Bupati didampingi Kadis PUPR dan Kaban BPBD Sigi, Camat Sigi biromaru  juga berbincang dan menemui pihak pengembang dan kontraktor dan mendapatkan penjelasan terkait grand desain pembangunan Huntap Pombewe tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar