Dongi - Dongi Siap Jadi Desa Persiapan.

KBRN, Poso : Wilayah Dusun Dongi - Dongi resmi menjadi Desa Persiapan Dongi - Dongi usai diresmikan langsung oleh Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang, Kamis, (27/1/2022). Sebelum diresmikan, Desa Persiapan Dongi - dongi adalah bagian dari wilayah Desa Sedoa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sigi di sebelah utara, timur, dan barat serta sebelah selatan berbatasan dengan Desa Sedoa yang sekarang adalah desa induk dari Desa persiapan Dongi - dongi.

Selain itu pada kesempatan yang sama, Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang juga melantik Bapak Kalvin Tolu, S.Sos sebagai Penjabat (Pj) Kepala Desa Persiapan Dongi - dongi.

Penetapan pembentukan Desa Persiapan Dongi - dongi sudah melalui proses dan mekanisme sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2017 pasal 10 dan Pasal 11. Pemerintah Kabupaten Poso melalui Peraturan Bupati Poso Nomor 34 Tahun 2021 serta Undang - undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan penataan desa.

Penataan tersebut berdasarkan hasil evaluasi tingkat perkembangan pemerintahan desa sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-undangan, dengan tujuan untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan desa dan meningkatkan daya saing desa.

“ Sesuai dengan tujuan penataan desa diharapkan pembentukan Desa Persiapan Dongi-dongi dapat mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa dengan rentang kendali kewilayahan yang sudah terbagi dua dengan desa induk, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik karena jarak antara kantor desa sebagai pusat pelayanan masyarakat sudah dekat lokasi perumahan masyarakat setempat serta meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan desa dan meningkatkan daya saing desa. Dengan demikian akan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa”. Ujar Bupati Poso, Verna Inkriwang.

Lebih lanjut menurut Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa memberikan waktu 1-3 tahun mempersiapkan desa persiapan untuk ditetapkan sebagai desa definitif. Sehubungan dengan hal tersebut Bupati Poso berharap agar kepala desa induk yakni Kepala Desa Sedoa, Kepala Desa se- Kecamatan Lore Utara, Camat dan jajaran Dinas PMD untuk senantiasa memberikan dukungan dan bantuan terhadap pelaksanaan roda pemerintahan di desa persiapan Dongi -dongi hingga pada akhirnya menjadi desa definitif tepat pada waktunya.

Diakhir sambutannya, Bupati Poso juga menyebutkan bahwa Desa Dongi-dongi memiliki potensi sumber daya alam yang berlimpah didukung tanah pertanian dan perkebunan yang subur, menjadi modal besar untuk berkembang sebagai desa masa depan yang dilirik para investor.

“Masyarakat harus memacu kreativitas dan lebih meningkatkan sumber daya manusia sebagai pelaku pembangunan itu sendiri, agar potensi desa yang dimiliki dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk peningkatan pendapatan asli desa yang pada akhirnya akan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat”. Pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar