Tuntaskan Pelaksaan Rehab Rekon Pasca Bencana, Gubernur Sulteng Gelontorkan Sejumlah Anggaran

KBRN, Sigi : Bupati Mohamad Irwan mengikuti rapat Evaluasi Rehab dan Rekon Dampak Bencana 28 September 2021 yang di pimpin oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Mamun Amir , bersama Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, MA, Ketua DPRD diwakili Yahdi Basma, SH, di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. Selasa, (3/8/2021).

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Mamun Amir, menyampaikan bahwa Gubernur sudah mengidentifikasi masalah terhambatnya pelaksanaan Rehab dan Rekon adalah terhambat pada ketersediaan lahan untuk pembangunan Infrastruktur  dan Hunian Tetap Masyarakat terdampak sehingga Gubernur sudah memutuskan menyelesaikan permasalahan tersebut :

Antara lain : Pembebasan lahan pembangunan Jembatan IV Palu Rp. 27 M. Pembangunan Huntap Petobo Rp. 10 M , Pembangunan Huntab Talise Rp. 3,5 M, Pembebasan Lahan  Pembangunan SPAM Air Bersih sebesar Rp. 2,6 M, Untuk Penyelesaian Permasalahan Rehab dan Rekon Kabupaten Sigi Rp. 6 M , dan untuk Kabupaten Donggala Rp.12,150 M.

Wakil Gubernur juga menyampaikan pada kesempatan itu agar Bupati dan Walikota, dapat menyampaikan usulan Prioritas yang harus dibangun di daerah masing masing untuk pelaksanaan Program 100 M, untuk setiap Kabupaten dan Kota setiap tahun melalui Program dan Kegiatan.

Wakil Gubernur juga menyampaikan Harapan Gubernur agar pihak PUPR RI dapat membangun Masjid Agung, Kantor Bupati Sigi dan Kantor Dinas BPLH dan BPBD Propinsi Sulawesi Tengah.

Dalam penyampaian Bupati Sigi Mohamad Irwan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah atas dukungan dalam proses percepatan pelaksanan rehap Rekon dampak bencana, yang telah mengalokasikan anggran sebesar 6 M untuk Kabupaten Sigi. 

Anggran ini dipergunakan antara lain untuk percepatan pembangunan Huntap Satelit di Desa Bangga, Huntap Satelit Desa Salua dan Desa Poi akibat banjir bandang serta wilayah yang terdampak bencana lainnya. 

Bupati juga menyampaikan saat ini masyarakat penerima bantuan di kabupaten Sigi sebagian besar telah disalurkan dengan tahapan Verifikasi, kerena pemda sangat berhati-hati dalam penyelesaiannya, mengingat dampak hukum apabila tidak mematuhi mekanismenya akan sagat berat.

Bantuan diberikan kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan, selanjutnya bagi masyarakat yang belum bersyarat (masyarakat yang tidak memiliki rumah pada saat terjadinya bencana) Pemda akan berupaya untuk mencarikan solusi agar dapat di bangunkan Huntap, Bupati berharap Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan PUPR dapat membatu dalam penyelesaiannya, saat ini pemda telah menyiapkan lahan untuk pembanguan tersebut. 

Hadir mendampingi Bupati Sigi Plt. Kadis PUPR Sigi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sigi dan perwakilan Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar