Rumah Restoratif Sigi Selesaikan Kasus KDRT

KBRN, Sigi : Bupati Sigi Mohamad Irwan S.Sos, M.Si bersama Kajari Donggala Mangantar Siregar S.H menghadiri penghentian perkara atas terdakwa atas kasus KDRT warga Desa Kotapulu Kecamatan Dolo Inisial A, digelar di Rumah Restorasi Justice Desa Binangga, Kecamatan Marawola, Senin, (4/7/2022).

“ Dengan adanya rumah restorative justice ini merupakan tempat untuk pengendalian suatu permasalahan pidana pada masyarakat dengan perdamaian. Intinya, menyelesaikan masalah pidana yang sesuai kriteria secara musyawarah mufakat “. Ujar Kajari Donggala, Mangantar Siregar.

Dijelaskan bahwa Restorative justice merupakan upaya penyelesaian perkara di luar jalur hukum atau peradilan. Penyelesaian perkara tindak pidana dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku/korban, dan pihak lain yang terkait untuk bersama-sama mencari penyelesaian yang adil dengan menekankan pemulihan kembali pada keadaan semula.

Mohamad Irwan sangat memberikan apresiasi terhadap Kejaksaan Negeri Donggala atas penghentian kasus ini dan dengan adanya Rumah restorative justice ini di Kabupaten Sigi.

“ Kami, pemerintah daerah khususnya bagian hukum dan bersama dengan anggota DPRD Sigi akan mendorong dalam penganggaran mengenai sosialisasi rumah restorative justice ini “. Ungkap Moh Irwan.

Bupati juga berpesan kepada terdakwa A yang telah dibebaskan agar tidak mengulangi perbuatannya. Beliau juga mengimbau kepada Camat agar menjadi mediasi antara pihak keluarga ,tokoh agama dan masyarakat setempat bahwa ini merupakan ketetapan hukum yang sah.

Kegiatan ini turut dihadiri Kapolsek Dolo, Camat Dolo dan Camat Marawola.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar